Saktikah Mr Yang atau Hebatkah Olly Dondokambey



MANADO – Apakah pulau Bangka di kecamatan likupang timur kabupaten minahasa utara (Minut) akan menjadi area wisata ataukah area pertambangan nampaknya masih menjadi teka teki, pasalnya panitia khusus (Pansus) Zonasi DPRD Sulut pun yang diharapkan menjadi filter akhir daerah untuk menghentikan langkah PT Mikgro Metal Perdana (MMP) merubah pulau indah ini menjadi daerah pertambangan bijih-besi terkesan plin-plan.

Pansus Zonasi yang beranggotakan beragam keterwakilan fraksi yang menjadi perpanjangan tangan partai mencoba melakukan manuver politik yang terlihat sepertinya mencoba menghentikan PT MMP dan menyelamatkan Pulau Bangka namun masih tak optimal karena pada akhirnya pulau bangka kembali ditentukan oleh pemerintah pusat.

Fraksi PDI-P dan Fraksi Gerindra sejak awal pembahasan, begitu getolnya menunjukan sikap pembelaan terhadap pulau Bangka dengan mengharuskan pulau tersebut sebagai daerah wisata bertolak belakan dengan ketua pansus Edwin Lontoh dari fraksi Demokrat dan Sekertaris Pansus Edison Masengi dari fraksi golkar.

Dalam pembahasan akhir oleh Pansus Zonasi pada beberapa waktu lalu kembali memutuskan menyerahkan keputusan akhir kepada Direktorat Jenderal Bina Pembangunan daerah (Bangda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gubernur Oll Dondokambey terlihat begitu menseriusi keberadaan pulau Bangka, sebagai kepala daerah dan ketua partai PDI Perjuangan Sulut dan juga pimpinan DPP PDI-P, Dondokambey telah menugaskan anggota fraksinya melakukan pengawalan terhadap pulau tersebut, namun toh pada akhirnya keputusan tetap berpulang kepada pemerintah pusat.

“Zonasi so beres,” singkat pernyataan gubernur Olly Dondokambey.

Sementara itu, geliat Yang Yongjian alias Mr Yang presiden direktur PT MMP kian getol melakukan gerakan untuk amankan bisnisnya yang menurut laporannya kepada pimpinan DPRD Sulut beberapa waktu lau telah merugi sedikitnya Rp1 triliun.

Sikap berani Mr Yang semakin menjadi bahkan berani mendatangi kantor gedung cengkih menemui pimpinan dewan bahkan sampai pada pimpinan pansus.

Pertarungan kepentinganpun terjadi antara Mr Yang dan gubernur Olly Dondokambey, sehingga perebutan pulau Bangka akan jadi penetu kedua tokoh ini.


Apakah “kesaktian” Mr Yang mampu menjadi pemenang dengan tetap menjalankan bisnis pertambangannya ataukah kehebatan seorang Olly Dondokambey yang akan mampu membuktikan janji politiknya, semua akan terjawab lewat penetapan Peraturan daerah Zonasi dalam waktu dekat ini.(Obe)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini