Putra Minsel 8 Minggu Bersepeda Sisir Pesisir Pulau Sulawesi

John Talumewo saat berada di DPRD Sulut Senin (20/2/2017) kemarin. 

MANADO - Warga Minahasa Selatan (Minsel) bisa berbangga diri karena suatu prestasi luar biasa yang dilakukan oleh salah satu pria berdarah Minsel yang mampu melakukan perjalanan keliling pulau Sulawesi dengan menggunakan sepeda.

John Talumewo pria 58 tahun yang telah lama berdomisili di Jakarta melakukan peralanan sepanjang 35 ribu kilometer dengan start awal dari Makasar.

Pada Senin (20/2/2017) kemarin, ia berhasil tiba di kota Manado dan menyambangi kantor DPRD Sulut.

Talumewo mengisahkan suka dukanya selama 8 minggu mengayuh sepeda hingga bisa sampai ke Manado.

"Berantem melawan emosi diri yang paling berat saya lawan, namun pada akhirnya saya bisa sampai ditujuan dan bahkan sempat beberapa hari saya menginjakkan kaki kekampung halaman saya di Poopo Motoling,"kata pria tua ini.

Umur dan keterbatasan fisik tidak menjadi halangan bagi Talumewo karena baginya bersepeda selain hobi juga untuk kesehatan.

tekad dan ketertarikan akan kekayaan alam khususnya di area seputaran pantai membuat dia mengayuh sepedanya dan menyusuri pesisir pantai. Bahkan, Talumewo mengaku telah mengunjungi pantai yang belum terjamah manusia di Sulut.

Dikatakannya pula, melihat kondisi pantai di daerah Nyiur Melambai ini, alangkah baiknya dibangun hutan bakau untuk menahan ombak dan mencegah abrasi pantai.

“Perlu sekali di pesisir pantai. Apalagi saat ini saya melihat sudah banyak guest house atau dikelola sebagai tempat wisata,” ujar pria paruh baya asal Ranoyapo ini sembari mencontohkan daerah seperti Kendari.(Obe)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini