Peluang Affan Mokodongan Ke Pilkada Kotamobagu


MANADO - Juni 2018 mendatang, enam kabupaten/kota Sitaro, Talaud, Bolmut, Kotamobagu, Minahasa dan Minahahasa Tenggara gelar perhelatan  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan sejumlah namapun mulai mencuat tak terkecuali anggota DPRD Sulut dari daerah pemilihan (Dapil) di 6 kabupaten/kota tersebut.

Khusus untuk Kota Kotamobagu, beberapa nama Dapil Bolmong Raya diperhitungkan dan mencuat masuk bursa bakal calon peserta Pilkada Kotamobagu. Diantaranya Affan Rivandi Mokodongan, Rasky Mokodompit dan Rocky Wowor.

Tiga tokoh politis muda ini punya peluang besar untuk melenggang ke kursi top eksekutif karena punya basis dan partai besar di Kotamobagu.

Affan Rivandi Mokodongan dari Partai Amanat Nasional (PAN), Rasky Mokodompit utusan Partai Golkar dan Rocky Wowor perwakilan PDI Perjuangan memiliki "power" yang sama besar dan kwalitas berimbang untuk pertarungan di Pilkada Kotamobagu.

Affan Rivandi Mokodongan memiliki peluang yang lebih lebar dibanding Rasky Mokodompit karena dengan modal awal perolehan suara di pemilihan calon legislatif (Pilcaleg) lalu, Affan mengantongi 22 ribu suara untuk Bolmong Raya dan khusus Kotamobagu 13 ribu suara menjadi calon legislatif suara terbanyak dapil Bolmong raya.

Analisis politik Sulut Taufik Tumbelaka menjabarkan hitung-hitungan politis jika Affan Rivandi Mokodongan maju ke Pilkada Kotamobagu cukup berpengaruh terhadap grafik suara.

"3 variabel yang akan terlihat, yang pertama dengan modal suara Pilcaleg akan mengalami penyusutan 20 persen jika mengambil posisi dipapan 1, namun jika dipapan 2 maka suara cenderung naik, karena masyarakat Kotamobagu masih cenderung melihat segi faktor usia dan pengalaman," jelasnya.

Untuk variabel kedua menurut Tumbelaka, dari segi nama besar Mokodongan yang miliki basis besar di Kotamobagu yang tak dapat dipungkiri peran dan andil besar mantan Sekertaris Provinsi Siswa Rachmat Mokodongan.

"Mokodongan telah banyak mengambil andil bagi Bolmong Raya khususnya Kotamobagu terlebih dengan figur bersahaja dan low profil keluarga ini cenderung banyak menempati hati warga Kotamobagu," kata Tumbelaka

Dan variabel ketiga kata Tumbelaka adalah dukungan mesin politik, dimana kemungkinan besar mendapat respon baik dari partai PDI Perjuangan jika dilihat dari faktor kedekatan dan loyalitas yang ditunjukan S.R Mokodongan terhadap kepemimpinan Olly Dondokambey akan berdampak positif terhadap Affan Mokodongan.

"Memang partai PAN dipastikan akan tetap memakai Incumbent untuk papan 1 dan akan lebih kuat lagi jika papan dua akan berpasangan dengan Affan yang notabene memiliki sifat memegang komitmen dan loyalitas," ungkapnya.

Menanggapi ini, Affan Mokodongan menjawab singkat bahwa dirinya adalah utusan partai dan loyalitas tetap dijaga.

"Saya petugas partai, apa yang ditugaskan saya lakukan dan mengamankannya," tandasnya.(Obe)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini