Waspada Kehilangan Identitas, Olly Dondokambey Diminta Dirikan Ornamen Leluhur Sulut



MANADO - Minimnya Ornamen berbau kebudayaan di Provinsi Sulawesi Utara yang dapat dijadikan kebanggaan daerah, karenanya Ketua Umum Pelopor Angkatan Muda Indonesia - Perjuangan (PAMI-P) Noldy Pratasis memberikan tantangan tersebut.

Menurut Pratasis, pembangunan Ornamen seperti leluluhur Toar Lumimuut akan sangat berdampak besar terhadap daerah dan pariwisata.

"Dengan mendirikan ornamen leluhur ini sebagai suatu wujud pencerminan provinsi yang memiliki kecintaan terhadap budaya. Terlebih lagi, Ornamen tersebut jika dilakukan dipusat kota sebagai gerbangnya Nyiur Melambai membawa manfaat yang besar," Ungkapnya.

Lebih lanjut menurutnya, Pembangunan Ornamen ini akan membawa pengaruh besar terhadap kaum muda daerah dalam menangkal derasnya Invasi budaya asing.

"Kaum muda Sulut setahu saya paling cepat mengadaptasi "kebudayaan" asing. Makanya perlu digiatkan akan arti kecintaan dan bangga terhadap budaya kita," Kata Pratasis.

Dan akan lebih bermanfaat lagi menurut Pratasis, perlu didirikan taman budaya yang bersifat pusat kreasi warga, sehingga penyampaian pesan lebih efektif.

"Setidaknya nanti, jika warga bertanya siapakah gerangan pendiri ornamrn dan taman kreasi budaya tersebut, cucu temurun tahu hasil karya buah tangan pemimpin besar Olly Dondokambey," Tandasnya.(Obe)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini