Desa Teep Wakili Kecamatan Amurang Barat Lomba Desa



MINSEL - untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berada di Desa. Salah satu Desa yang mengikuti lomba desa pada tahun 2018 adalah Desa TEEP, utusan Kecamatan Amurang barat Kabupaten Minahasa Selatan.

Melalui lomba ini, Pemerintah Kabupaten Minsel akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing Desa, terutama terhadap usaha pemerintah Desa dalam memajukan dan memberdayakan warganya, sejauh mana dukungan untuk pembangunan masyarakat desa.






Adapun Indikator penilaiannya meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. serta penilaian dilakukan oleh tim penilai dari kabupaten pada kamis (17/05/2018) di balai desa Teep.

Presentasi dipaparkan oleh Pjt  GRECE V.I SANGIAN SE.MM selaku hukumtua Desa Teep, didepan ruang pertemuan Ia memaparkan seluruhnya mulai dari profil desa serta menjelaskan bidang parawista hingga bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang nantinya sebagai bahan penilaian oleh tim penilai dari Kabupaten,bahkan juga Bak sampah yang di kelola oleh Bumdes.

“Lomba Desa tingkat kabupaten ini merupakan program berkelanjutan guna pemenuhan dokumen dan menjadikan sistem pemerintahan yang baik, Desa kami berusaha  melakukan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi Desa kami, ujar Sangian.






Selanjutnya, Sonny Makaenas Ap.s.ip mm selaku Camat, menjelaskan di sela-sela kegiatan menggatakan, ada dua yang di utus untuk kecamatan Amurang barat,kelurahan kawangkoan bawah dan Desa Teep yang mewakili Kecamatan Amurang barat serta menjelaskan beberapa  keunggulan desa Teep sehingga kami sebagai pemerintah kecamatan Memilih desa Teep untuk mengikuti lomba desa tingkat kabupaten.

“Dari dua kelurahan dan delapan desa yang berada di kecamatan Amurang barat ini,Desa Teep merupakan Desa  yang paling baik dari desa lain, serta harapan saya dengan lomba desa ini, dapat memotivasi desa lain agar lebih maju lagi, dan Desa Teep memiliki keunggulan-keunggulan yaitu pertanian,Nelayan masih dan perkebunan dan juga ke unggulan lainnya ialah dari pegawai,” jelas Grace.

Tim Penilai terdiri dari beberapa unsur dari Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Kabupaten Minsel, setelah  dengan penilaian sesuai Indikator yang ada, pemenang lomba  akan mewakili Kabupaten untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi.

Hukumtua Teep memohon bantuan dari semua pihak semoga Desa Teep dapat lebih baik dan lebih maju sesuai dengan misi perubahan untuk memajukan Desa teep di segala bidang,dan Sanggat yakin desa teep akan menang dan akan di utus ke provinsi untuk mewakili kabupaten Minahasa selatan,ucap Sangian dengan optimis.


Liputan Biro Minsel : Stanley



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini