Iklan

Prediksi Suara Tertinggi Caleg DPRD Sulut Dapil Minahasa - Tomohon 2019-2024 Adalah...

April 12, 2019, 11:48 WIB Last Updated 2019-04-12T03:49:04Z


MINAHASA - Pertarungan panggung politik bagi calon legislatif (Caleg) DPRD Sulut dari daerah pemilihan (Dapil) Minahasa - Tomohon periode 2019-2024, diperkirakan caleg dari Gerindra, Wenny Lumentut tek tertandingi, dimana menurut Lembaga Studi Sosial & Politik Tumbelaka Academic Centre (TAC), Taufik Tumbelaka, prediksi tersebut berdasarkan perhitungan popularitas dan hasil suara pilcaleg sebelumnya.

"Modal caleg sukses adalah, popularitas,komunitas dan tim kerja , ketiga modal utama ini dimiliki Wenny Lumentut," katanya.

Tumbelaka menjelaskan arti dari ketiga modal tersebut, popularitas diukur dari seberapa besarnya caleg menjalin kedekatan dengan konstituen atau pemilih secara emosional.

"Komunitas itu maksudnya basis pemilih, untuk mendirikan dan menjaga basis ini akan sangat butuh 'cost politic', yang bisa merawat hubungan pastilah mampu rebut hati masyarakat," ungkap dia.

Dan yang terakhir adalah tim kerja, seberapa sering intensitas turun ke konstituen.

"Semakin tinggi melakukan aktifitas jumpa warga untuk sosialisasi, makin besar jadi pilihan dan ini akan lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan mesin partai," tegasnya.

Wenny Lumentut menurut Tumbelaka miliki tiga modal tersebut ditambah lagi dengan hasil perolehan suara pilcaleg terakhir.

"Bukan maksud remehkan caleg yang lain, lawan Wenny Lumenut di Minahasa terakhir adalah Steven Kandouw yang meraih suara terbanyak dan Stevanus Vreeke Runtu, lawan ini sudah tidak ada, maka saya prediksi jika suara Wenny Lumentut akan terbesar. " ungkapnya.

Plus menurutnya, caleg satu ini sukses menunjukan perjuangannya kepada warga di dapil Minahasa - Tomohon dilima tahun terakhir.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Prediksi Suara Tertinggi Caleg DPRD Sulut Dapil Minahasa - Tomohon 2019-2024 Adalah...

Terkini

Iklan