Alfirts Buyung, Harumkan Pendidikan Sulut Di Tingkat Nasional



MINSEL - Kontingen Guru Dikmensus (Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus) Provinsi Sulut berhasil mengharumkan nama daerah Sulawesi Utara di kancah Nasional dalam kegiatan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Atlet Century Park Hotel Senayan Jakarta pada 12-18 Agustus 2019. 

Ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini dilaksanakan serentak di beberapa lokasi di Jakarta, untuk Guru Pendidikan Menengah dan Guru Pendidikan Khusus pada tahun ini Sulut mengutus 4 (empat) orang Guru Berprestasi dan Berdedikasi terbaik dari Kabupaten Minahasa Selatan, Kepulauan Talaud, Kabupaten Minahasa, Kepulauan Sangihe yang adalah terbaik 1 hasil seleksi tingkat Provinsi.

 Alfrits Eefer Bujung, S.Pd (Guru SLB Negeri Amurang), Jefferson Sambenaung (Guru SMK Talaud), Jendri Paendong (Guru SMA Tompaso), Jevery Paat, S.Pd (Guru SMKN 2 Tahuna). Mereka ialah Guru terbaik tahun 2019 yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara di ajang pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional. Pada kegiatan ini diikuti oleh para Guru dari 34 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan ini selama 8 hari mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mereka berempat aktif dalam hal diskusi saat pelaksanaan seminar serta mengikuti tes tertulis kompetensi professional secara online, tes kepribadian, tes minat bakat, sampai dengan mempresentasikan karya best practice dan tes wawancara tentang profesi Guru dan wawancara bahasa Inggris.

Serangkaian kegiatan lainnya ialah mengikuti sidang Paripurna DPD-RI mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia di Gedung DPR-RI, Mendapat undangan khusus mengikuti Upacara Bendera di Kemendikbud RI pada 17 Agustus 2019 dimana mereka berempat mendapatkan kehormatan duduk di tenda merah putih sebagai tamu kehormatan.

Dan alhasil masing-masing mereka dinobatkan sebagai pemenang dalam pemilihan Guru Berprestasi dan Berdedikasi pada kategori lomba (Alfrits Eefer Bujung, S.Pd-Guru SLB Berprestasi peringkat-4), (Jefferson Sambenaung -Guru SMK Berdedikasi peringkat-4), (Jendri Paendong -Guru SMA Berprestasi peringkat-4), (Jevery Paat, S.Pd -Guru SMK Berprestasi peringkat-4) tingkat Nasional tahun 2019.

Berbagai pengalaman baru terkait proses penilaian dan pelaksanaan lomba merupakan sebuah pengalaman berharga yang di dapat oleh Buyung, Sambenaung, Paendong dan Paat. Hal ini menjadi bekal bagi mereka dalam mengembangkan kompetensi sebagai modal utama guna mendukung pemerintah khususnya di Sulawesi Utara dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara khusus bagi kemajuan dan prestasi peserta didik di Sulawesi Utara, guna menyelaraskan Visi dan Misi Kepala Daerah yaitu Gubernur Sulawesi Utara.

Ucapan terima kasih juga kepada Kepala Dinas Pendidikan Daerah serta seluruh pejabat dan panitia Gurpres Provinsi Sulut, yang terus membantu para peserta kontingen GTK Sulut dalam berbagai persiapan mulai dari pembekalan sampai dengan mengurus segala administrasi dan sumbangsih dalam bentuk reward yang nantinya akan diberikan bagi para peserta sebagai terbaik I di Provinsi Sulut sekembali dari Jakarta.

Terima kasih juga kepada pejabat Kabupaten tempat/domisili dari keempat peserta GTK  Dikmensus (Bupati Minasaha Selatan, Bupati Kepulauan Talaud, Bupati Minahasa, Bupati Kepulauan Sangihe) yang terus mendukung para guru-guru hebat ini baik secara spirit maupun materi karena dimana mereka telah mengharumkan nama daerah kabupaten masing-masing terlebih Provinsi Sulawesi Utara di kancah Nasional melalui bidang Pendidikan.
Semoga kedepan perhatian pemerintah bagi para Guru lebih ditingkatkan lagi, karena kesejahteraan para guru merupakan tolak ukur sebuah kemajuan dan prestasi pendidikan dalam memajukan sumber daya manusia sebagai bangsa yang berkualitas dan bersaing saing.

(Sten)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini