Workshop Dinkes Minsel Tujuh Puskesmas Menuju Akreditasi

Workshop yang dilaksanakan Dinas Kesehatan kab Minsel

MINSEL
,Redaksisatu.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam hal ini Dinas Kesehatan melaksanakan Workshop Keselamatan Pasien, Kamis (22/8/2019), di Sutanraja Hotel Amurang.


Kepala Dinas Kesehatan Dr Erwin Schouten, melalui sekretaris Dinas Rein Koliangan, mengatakan bahwa ada tujuh puskesmas dikabupaten Minsel bakal mengukuti Akrditasi dan Waktunya pelaksanaan Kami masih menanti jadwal dari tim Akreditasi Nasional.

Dan kami sudah mempersiapakan jauh- jauh hari apabila tim Akreditasi datang kepuskesmas dikabupaten Minsel, jadi setiap petugas ataupun tim kerja di tiap puskesmas di bekali dengan berbagai hal berkaitan dengan masalah pelayanan terhadap Pasien. Sesuai dengan Standard operasional, (SOP). Contohnya, cara pembuatan dokumen kemudian, pemberian pelayanan terhadap pasien.  

" Dengan adanya pembekalan ini di harapkan dapat memberi nilai tambah, bagi petugas kesehatan di tiap - tiap puskesmas yang nantinya di akreditasi" Ucap Koliangan.

Sementara terkait dengan pelaksanaan akrditasi dunia kesehatan dikabupaten Minsel, bukanlah hal yang baru

Sebab sebelumnya sudah hal sama sudah di laksanakan di Minsel. Dan yang di lakukan akreditasi tahap pertama, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang dan empat puskesmas lainnya di Minsel.
Sedangkan akreditasi yang saat ini sedang dalam penantian waktunya, ada tujuh puskesmas. Puskesmas di maksud adalah  Puskesmas, Modoinding, Poopo, Tompaso baru, Maesaan, sinonsayang, Motoling barat dan Suluun.

Sementara, ketika di singgung kapan waktu pelaksanaan akreditasi, menurut Koliangan, pihaknya tidak mengetahui waktunya. " Hal tersebut merupakan kewanangan tim akreditasi. Kami tinggal menanti skejul dari tim akreditasi Nasional, " tutur Koliangan.

Sementara, bagaimana hasilnya, apakah puskesmas - puskesmas di maksud bakal lolos dalam akreditasi nanti, dia menyerahkan kalau hal tesebut merupakan kewenangan dari tim akreditasi yang akan memutuskan.

Adapun dalam penilaian nanti ada kriteria putusan akreditasi. Seperti, lolos akreditasi dasar, media sampai dengan, paripurna, yang pasti untuk ketujuh Puskesmas sudah siap.
Apalagi menurut Koliangan dunia kesehatan di Minsel, bukanlah hal yang baru dalam hal akreditasi.

(Sten)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini