PWI Minsel Gandeng POL PP Dan BPBD Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana

Saat Pelaksanaan Sosialisasi Oleh Para Narasumber

MINSEL - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minsel, dalam hal ini Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD),dan Polisi Satuan Pamomg Praja (Pol PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Minahasa Selatan,melaksanakan Sosialisasi.

Kegiatan  sosialisasi ini dengan mengambil tema " MITIGASI BENCANA DI KABUPATEN MINSEL " yang dilaksanakan di Desa Sulu kecamatan Tatapaan Selasa (24/9/2019) Sebagai pembawa Materi Kasat Pol PP Hendri Palit SH, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Denny Worotijan SE.


Pemerintah Kabupaten Minsel berterimah kasih kepada PWI Minsel yang sudah menginisiasi dan Menggagas akan Sosialisasi dan melaksanakan kegiatan ini, karna Lewat Sosialisai ini kami ingin menyampaikan kepada masyarakat terkait bahaya bencana, lebih khusus bencana kebakaran," Kata Kasat Pol PP & Damkar Minsel Hendri Palit.

" Karena sangat penting peran masyarakat dalam membantu menanggulangi bencana, tidak hanya pemerintah namun ini menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai Masyarakat yang ada. Bagi warga yang kedapatan dengan sengaja membakar lahan sanksi hukumnya sangat berat,"Ungkapnya.


Berdasarkan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.Pasal 78 ayat 3 berisi, pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 15 tahun dan denda maksimal Rp 5 miliar.

BPBD Minsel yang diwakili Kepala Bidang Bencana Denny Worotijan dalam paparannya mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi Tupoksi dari BPBD," Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana.BPBD sendiri tidak dapat bekerja sendiri dalam penanggulangan bencana. Oleh karna itu lewat kegiatan ini kami ingin memberi edukasi bagi masyarakat terkait penanggulangan bencana bersama," Paparnya.


Dalam kesempatan ini juga  pemerintah desa Sulu melalui Hukum Tua Donald Lamia,mengucapkan terimakasih atas kegiatan sosialisasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakatnya. Khusunya bagi PWI , BPBD serta Sat Pol PP & Damkar Minsel.

Sementara ketua PWI Minsel Douglas Panit SIP dalam sambutannya mengatakan, ini sudah menjadi tugas PERS selain sebagai kontrol sosial, PERS juga berperan memberi edukasi bagi masyarakat lewat kegiatan-kegiatan seperti ini,dan
Rekomendasi dari kegiatan sosialisasi :
a. PWI Minsel bersama elemen bangsa lainnya akan menopang Pemerintah untuk meminimalisasi dampak bencana alam.
b. Menggalakan gerakan masyarakat cegah dampak bencana baik yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia.
c. Upaya peningkatan alat Pemadam Api Kab. Minahasa Selatan.
d. Merekomendasikan untuk pembahasan terkait alat pe dekteksi tsunami kepada Pimpinan Daerah melalui BPBD Minsel


(Sten)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini