Pedisnya Harga Rica di Sitaro, Pedagang Teriak - Konsumen Menangis




SITARO -  Harga cabe rawit atau rica dan tomat di kepulauan Siau Tagulandang serta Biaro (SITARO) sejak Selasa (11/7/2017) pagi harga jual rica dan tomat melonjak 50 persen.

Situasi ini membuat pedagang merugi dan konsumen menjerit, seperti halnya yang diungkapkan oleh salah seorang  pedagang di pasar Ampera Ulu Siau kecamatan Siau Timur, yang akrab disapa papa  Amin. 

"Denga harga  rica deng tomat naik sampe 50% ,torang jadi susah mo jual.Biasanya harga tomat torang ambe dari Manado  20.000/ kg. Sekarang sudah Rp 40.000 an / kg, Deng harga nae bagini torang jadi susah mo jual. " Ujarnya. 

Kepada Redaksisatu.Com, Ia juga menjelaskan dimana dengan naiknya harga tersebut membuat mereka sebagai pedagang kesulitan dalam mengembalikan modal mereka. 

Padahal para pedagang kebanyakan mendapatkan modal dengan pinjaman dengan bunga tinggi.

"Torang berharap kiranya pemerintah dapat memperhatikan torang para pedagang di pasar tradisional melalui pinjaman modal bagi kami," pintanya.

Semetara itu pengakuan konsumen yang datang dari kalangan ibu rumah tangga seakan "menangis" dengan harga rica dan tomat.

"Doh harga rampa -rampa rupa rica deng Tomat nae no.Biasanya hanya dua puluan ribu sekarang so dua kali lipat, Terpaksa harus pintar -pintar mo siasati supaya doi belanja mo cukup," ungkap para ibu-ibu.(Dom)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini