TAGANA SULUT GELAR SIMULASI KSB




Sitaro - Sabtu 5/8, Lapangan sepak bola Kelurahan Ake Simbeka Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Siau Tagulandang biaro,digelar Simulasi penanganan bencana alam. 

Simulasi ini digelar oleh TARUNA SIAGA BENCANA ( TAGANA )  Provinsi Sulut Bersama Pemkab Kabupaten Sitaro. Koordinator lapangan TGANA, Frangki Takasiaheng ketika di temui seusai disala pelaksanaan simulasi mengatakan dimana dalam penangana bencana alam bukan hanaya menjadai tanggung jawab lemerintah saja,namun itu juga menjadi tanggung jawab masyarakat dan pelaku usaha.   

"Jadi dalam penanganan bencana sekarang bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan ini menjadi tanggung jawab dari pemerintah, masyarakat,dan dunia usaha." Jelasnya. 

Tidak hanya itu ia juga menambahkan tujuan maksud da  tujuan adanya KSB.

" Maksud  dan tujuan pembentukan kampung Siaga Bencana ( KSB ) ini,untuk memberikan informasi,pelajaran kepada masyarakat,. Minimal memahami cara,upaya,apa dan bagaimana  ketika terjadj bencana berbasis masyarakat.Kalau dulu ketika terjadi bencana orang kurang tau mo bagimana karena mungkin ada kepanikan dan rasa takut. Tapi denga adanya KSB diharapkan bisa membuka wawasan masyarakat bahwa ketika terjadi bencan ternyata kita harus lakukan hal yang seperti ini."Tutupnya. 

Salah satu peserta simulasi Adriana Anise ketika di temui media  menjelaskan dimana dengan adanya simulasi ini sangat berguna bagi mereka sebagai bekal ilmu bagi mereka ketika akan menghadapi bencana alam yang datang tiba -tiba. 

" Simulasi ini sangat  berguna bagi kami. Dengan adanya simulasi ini kami mendapat pengetahuan tentang bagaimana dan apa yang harus kita lakukan ketika bencana itu terjadi. " jelasnya.    

Hal senada juga di utarakan oleh Meiske Tamaka. 

" Pada prinsipnya dengan   adanya ini sangat membantu bagi kami sebagai  masyarakat. "Gumanya dengan singkat. 

Sementara itu Simulasi tersebut di buka oleh Asisten dua Herry Bogar. Dan di hadiri oleh Camat Siau Timur Dikson Tadete, Kadis Sosial kab Sitaro Dra SW Katiandagho,   ikuti oleh Masyarakat dan beberapa para siswa -siswi dari SD,SMP kecamatan Siau Timur.(Dominique)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini