WENNY LUMENTUT : Kembangkan UMKM, Serap Tenaga Kerja Minahasa

Wenny Lumentut Saat Temui Warga

MINAHASA - Mengembangkan dunia usaha khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten Minahasa akan mampu menyerap tenaga kerja setiap tahunnya.

Menurut Wakil Ketua DPRD Sulut,Wenny Lumentut untuk mencapai angka tersebut, syarat utama yang harus dilakukan kreatifitas pemerintah kabupaten minahasa.

"Meningkatkan sumber daya manusia para pelaku usaha, membantu memberikan kemudahan dalam permodalan dan yang terutama perlu adanya campur tangan pemkab dalam jalinan hubungan dengan perbankan," jelas Lumentut, rabu (20/3/2019).



Adapun beberapa sektor yang bisa dikembangkan untuk UMKM menurut Lumentut adalah sektor pertanian,pariwisata,perikanan dan industri rumahan.

"Kekayaan alam Minahasa sangat potensial, tinggal kita kembangkan dan berdayakan bersama, ini akan dapat terlaksana jika peran pemkab ditingkatkan dan yang utama adalah memberikan rasa aman dan nyaman terhadap investasi," tegas Lumentut.

Ia menyangkan dengan situasi yang terjadi saat ini, lahan yang dimiliki banyak tak dimanfaatkan.

"Banyak yang tabiar, bahkan lebih gawatnya lagi, ada yang lebih memilih menjualnya dimana hasil penjualan tanah ini hanya untuk pembelian barang, ini harusnya dirubah," tegasnya.

Katanya, memanfaatkan lahan tidur untuk dikembangan karena itulah perlu kerja ekstra pemkab untuk mensosialisakan pemanfaatan lahan.(Obe)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini