Sonny Makaenas : Musim Panas,Masyarakat Dihimbau Waspadai Angin Kencang dan Kebakaran

Camat Amurang Barat, Sonny Makaenas Ap.Sip. Msi


MINSEL - Meski Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akhir-akhir ini terasa dingin, bukan berarti musim kemarau tak jadi datang. Justru suhu udara yang dingin adalah penanda bahwa sudah memasuki musim kemarau.

Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu,melalui Camat Amurang Barat Sonny Makaenas Ap.Sip.Msi. Sabtu (3/8/2019) mengatakan melalui sambungan telepon, di musim panas ini ada beberapa hal yang perlu di waspadai oleh warga Amurang Barat khususnya kabupaten Minsel, mulai dari kebakaran, kekeringan hingga angin kencang.

"Angin kencang akan terjadi, kami menghimbau kepada masyarakat untuk waspada tidak membakar sampah,dan membuang pontong rokok sembarangan, diharapkan juga untuk para petani yang membuka lahan baru jangan disengaja untuk membakar, dihimbau juga untuk para pemanjat kelapa, pemanjat Cengki untuk berhati-hati karna mengingat musim angin saat ini,"Ucapnya.

Makaenas juga menambahkan, untuk ibu-ibu yang ada di rumah agar supaya sebelum meningalkan rumah untuk dapat mengontrol rumah.

Angin kencang di musim kemarau juga menyebabkan beberapa wilayah pesisir mengalami gelombang tinggi.diharapkan kepada para nelayan untuk belum boleh melaut mengingat cuaca angin yang saat-saat ini.

Mulai bulan Juli ini diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi, sehingga perjalanan laut patut diwaspadai.
"Mulai Juli ini, fluktuasi pertengahan gelombang mulai tampak dan gangguan sirkulasi udara yang ada, itu kadang muncul, kadang tidak. peningkatan-peningkatan kecepatan angin, dan tinggi gelombang pun akan meningkat," pungkasnya.


(Sten)*

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini