Dinkes Minsel Waspadai Penyakit DiMusim Kemarau

Dr Erwin Schouten Kadis Kesehatan Minsel

MINSEL - Pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Kesehatan, mengimbau masyarakat agar mewaspadai berbagai macam penyakit yang muncul saat musim kemarau saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel, Dr Erwin Schouten pada beberapa waktu lalu, mengatakan di antara penyakit yang rentan menyerang masyarakat pada musim kemarau saat ini adalah batuk, demam, diare dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Untuk itu kita minta masyarakat lebih waspada terhadap serangan penyakit yang biasa menyerang saat musim panas ini," jelasnya.

Dia mengatakan, penyakit ISPA bisa menyerang setiap orang karena saat kemarau debu yang beterbangan berkemungkinan besar masuk pada rongga pernafasan.

" Masuknya debu ke rongga pernafasan maka tubuh akan menolaknya, sehingga bisa memunculkan batuk maupun bersin yang membuat rongga tersebut luka atau pun infeksi, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan masker" katanya.

Jika demikian, maka serangan demam pada masyarakat juga akan tinggi dan ini harus diwaspadai, katanya.

"Kita sudah instruksikan setiap puskesmas di daerah itu untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang kemungkinan penyakit yang berkembang saat kemarau serta pencegahannya," kata dia.

Sedangkan ketersedian obat-obatan masih mencukupi untuk melayani masyarakat.

"Ketersediaan obat tidak perlu dikhawatirkan karena stok kita masih mencukupi, namun masyarakat harus senantiasa jaga kesehatan,minum vitamin dan berolahraga agar tidak mudah diserang penyakit" tambahnya 

(Sten)   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini