BIBIT SAMAD RIANTO Kukuhkan GMPK Minahasa


Minahasa - Bertempat di lokasi wisata benteng moraya Tondano (Senin, 14/10/2019) Irjen pol (purn) DR bibit Samad Rianto selaku ketua umum Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi(GMPK) kabupaten Minahasa.

Eks pimpinan KPK RI tersebut melantik kepengurusan GMPK minahasa yang diketuai Maurits Palilingan. Dalam arahannya Bibit Samad Rianto menyampaikan tentang pemberantasan korupsi serta tugas yang harus dilakukan oleh setiap anggota GMPK.

"GMPK lahir dari rasa kegundahan warga masyarakat atas kondisi bangsa dewasa ini. Dalam penindakan korupsi itu ada 5 kegiatan, yakni deteksi, preventif, preentif, represif dan rehabilitasi dan Kita bergerak di bidang represif. Kalo represif GMPK membantu jika ada yang lapor, kita menemukan alat bukti dan kita lapor kepada penegak hukum,” kata Bibit Rianto.

Hadir pada kesempatan ini ketua GMPK SULUT Frangky Kumendong dan pengurus lainnya, beberapa tokoh peduli korupsi, LSM Brigade Manguni dan undangan lainnya. Pengurus yang dilantik menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan tugas.

"(lima) Program andalan GMPK yaitu Riset untuk menemukan kerawanan korupsi (coruption hazards) dan potensi masalah penyebab korupsi (PMPK) pada segenap aspek (gatra) kehidupan bangsa, Solusi, mencari pemecahan masalah korupsi melalui seminar, lokakarya, simposium dan sejenisnya guna mencari jalan keluar terbaik dengan melibatkan para pakar dibidangnya, Konsultasi, dengan memberikan pencerahan baik terhadap entitas sosial maupun birokrasi untuk menangani masalah korupsi pada tubuhnya masing-masing, Advokasi, memberikan bantuan kepada para korban tindak kesewenang-wenangan oleh pihak ketiga, dan Pendidikan anti korupsi mulai dari lingkungan keluarga, pendidikan formal (TK, SD, SLP, SLA dan PT), pendidikan non formal dan pendidikan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu GMPK terbuka untuk bekerja sama dengan pihak manapun dalam memerangi korupsi," tambah sekretaris Djems Lewu didampingi Hence Karamoy Bidang Humas GMPK Minahasa.

Adapun susunan pengurus GMPK minahasa adalah Ketua Maurits Palilingan, waket Decky Karauwan, Sekretaris Djems Jany Lewu, ,wasek Michael Pandey, Bendahara Rina Rindengan, waben Rani Rindengan. Kabid organisasi & kaderisasi Yola sambur, Kabid Humas Romy wurara, Hence Karamoy, kabid litbang Franklin manitik, kabid advokasi Paul Tewu, kabid konsultasi action plan Riedel Lolong, Stefro Rundengan, kabid pendidikan anti korupsi Recky Runtuwene, kabid solusi Frangky Palar dan kepala sekretariat Helen Dapu, Albert Karauwan, Jenly Tulangow. Sayangnya kegiatan gerakan anti korupsi tak dihadiri utusan yang mewakili dari pemkab Minahasa dengan alasan ada kegiatan lain yang bersamaan.

"Coba kalo pak Bibit masih ketua KPK pasti full ni tampa cuma ingat gerakan ini ada hubungan dan akses ke KPK RI, dan memang pak Bibit bilang ini kegiatan pengurus nda wajib juga dihadiri, "ujar Recky Runtuwene.
Selamat bekerja minahasa akan hebat tanpa korupsi.(Hence)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini