Iklan

Bawaslu Minsel Lantik Panwas Desa Di 17 Kecamatan

March 25, 2020, 20:23 WIB Last Updated 2020-03-30T12:24:35Z


MINSEL - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Desa diingatkan untuk selalu menjaga integritas dan netralitas. Lebih dari itu manakala melakukan pengawasan diharapkan menjaga sikap dan tutur kata, jangan sampai ada kesan kesombongan. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan Eva J.G. Keintjem saat menghadiri pelantikan Panwaslu Desa se Kecamatan Suluun Tareran (Sulta) untuk Pilkada Tahun 2020, yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Desa Pinapalangkow, Jumat (20/3).


“Diharapkan integritas dan netralitas sebagai pengawas senantiasa terjaga, bahkan bukan hanya netral tapi juga harus benar-benar terlihat netral. Panwaslu Desa jangan jadi sombong ketika melakukan pengawasan pemilihan, melainkan senantiasa menjaga sikap dan tutur kata yang santun dan berwibawah, sehingga dalam menjalankan kerja dan tugas dapat disegani masyarakat,” ujar Keintjem.


Menurutnya, Panwaslu Desa yang dilantik ini adalah orang orang dengan penilaian terbaik. “Kepercayaan yang diberikan merupakan hasil penilaian bahwa bapak ibu yang dilantik memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni untuk mengawasi jalannya tahapan Pilkada Tahun 2020 di desa masing-masing,” tambah Keintjem.

Didampingi Panwaslu Kecamatan Sulta yakni Berry W. F. Tawera, serta Anggota Verna A. Dotulong dan Tony J. Tuwo, Keintjem menjelaskan bahwa terdapat 14 Calon Panwaslu Desa terpilih yang tidak dilantik, termasuk 1 diantaranya Calon Panwaslu Desa di salah satu desa di Kecamatan Sulta.


“Mereka tidak dilantik karena masuk dalam data SIPOL KPU yang diketahui memuat tentang data kepengurusan Partai Politik. Dengan tidak dilantiknya salah satu calon Panwaslu Desa ini, maka hanya 8 Panwaslu Desa saja yang dilantik oleh Ketua Panwaslu Kecamatan,”jelas Keintjem.


Sebagaimana diketahui, hari ini pihak Bawaslu Minsel mengagendakan pelantikan Panwaslu Desa di 17 kecamatan yang ada. Dan pelantikan tersebut dilakukan Ketua Panwas Kecamatan masing masing.


Pada pelaksanaan pelantikan Panwaslu Desa ini, semua yang hadir memakai masker dan disiapkan hand sanitiser, bahkan tempat duduk diatur tidak berdekatan, sebagai wujud pencegahan merebaknya virus Covid-19.

(Sten)**

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bawaslu Minsel Lantik Panwas Desa Di 17 Kecamatan

Terkini

Iklan