Desa Tumaluntung Satu Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Pekerjaan Talud Didesa Tumaluntung satu, dalam Padat Karya Tunai

MINSEL - Selama pandemi virus Corona tidak sedikit usaha ataupun industri yang terpaksa merumahkan sebagian karyawannya.

Hal tersebut tentu saja berdampak langsung pada penurunan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pemulihan ekonomi menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan untuk kesejahteraan rakyat secara umum.

Desa Tumaluntung satu kecamatan Tareran kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang dipimpin Penjabat Hukum Tua Arther Mokalu, Menyampaikan bahwa telah melaksanakan Program-Program untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Semenjak dipercayakan sebagai Penjabat Hukum tua didesa Tumaluntung satu, oleh bupati Minsel, dr.Christiany Eugenia Paruntu SE, pada  tahun 2017 lalu, Pemerintah desa dalam hal ini Hukum tua selalu melaporkan untuk pemanfaatan Dana (DD) secara transparan, melalui papan Informasi desa maupun melalui Media cetak dan Online.


Tahun 2020 Penjabat Hukum Tua Arthur Mokalu menggatakan bahwa desa Tumaluntung satu telah membuat Talud, dengan Pagu Rp 153.962.00 dan telah
Realisasi Rp 116.505.000, 5 unit Talud,
Sedangkan Gorong-Gorong dengan
Pagu anggaran Rp 23.199.000 dan telah Realisasi Rp 16.911.500.

Lanjut Penjabat Hukum Tua Arther Mokalu, dan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap 1 (april-juni)
Sudah teralisasi 34 KK dengan Jumlah Rp 61.200.000 bahkan sudah siap untuk tahap 2 bagi 106 KPM.

Mokalu menambahkan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur desa pihaknya melaksanakan sesuai dengan RAB yang ada.

Dalam pekerjaan yang dilaksanakan ini yaitu Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, ucapnya.(Sten)










Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini