WL : Kodam XIII Merdeka Dampak Positif Ekonomi Sulut



MANADO - Peresmian Kantor pusat Komando Daerah Militer (Kodam) XIII Merdeka di Manado dengan daerah operasi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono Selasa (20/12/2016), dinilai sangat berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi dan pembangunan bagi Nyiur Melambai.

Wakil ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut (WL) mengatakan suatu kebanggaan bagi provinsi Sulut atas kehadiran Kodam XIII Merdeka berkantor pusat di Manado yang berdampak besar bagi investasi di Nyiur Melambai yang efek kemakmuran masyarakat.

"Keamanan makin terjamin, investor akan banyak yang masuk Sulut sehingga gerak ekonomi akan bergairah yang dampak besar pada terbukanya lapangan pekerjaan bagi pemuda Sulut," jelas Wenny Lumentut.

Lanjut dikatakannya, dampak positif lainnya juga akan terasa sampai pada sektor pertanian daerah yang menjadi salah satu sektor unggulan Nyiur Melambai.

"Kerjasama TNI dan Pertanian bertujuan pembangunan prasarana dan sarana pertanian secara terpadu sesuai dengab kesepakatan kerjasama dalam mendukung ketahanan pangan," tegasnya.

Dikatakan Politisi Gerindra Sulut ini, dasar hukum TNI-AD Mendukung Ketahanan Pangan (TKMD) dengan Kementerian Pertanian yaitu MoU Menteri Pertanian  dengan Panglima TNI Nomor: 03/MoU/310/M/4/2012 dan Nomor : NK/9/IV/2012 tentang Program Pembangunan Pertanian dalam rangka Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

Kesepakatan Kerja Sama (KKS) Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian dengan Aster Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 41/RC.210/B.1/01/2014 dan Nomor : KERMA/5/I/2014 tentang Program Kerja Sama Dalam Mendukung Peningkatan Ketahanan Pangan. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan dan mendukung peningkatan Ketahanan Pangan,” jelasnya.

Dengan perkembangan jumlah penduduk yang semakin pesat, lahan pertanian harus tetap dipertahankan karena itu adalah solusi untuk mempertahankan ketahanan pangan.

“Banyak lahan pertanian yang sudah beralih fungsi menjadi perumahan, dan itu harus disiasati agar anak cucu kita tidak kesulitan soal pangan," pungkasnya.(Obe)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini