Warga Sulut Lepas Miliaran Gara-gara Tak Baca Peluang Usaha


 

MANADO - Program pengembangan Pariwisata gubernur Olly Dondokambey sangat ampuh tercatat, jumlah kunjungan wisata sepanjang 2016, jumlah kunjungan turis asing mencapai 48.288 orang. Sementara itu, kunjungan turis domestik sepanjang tahun lalu tercatat 1,48 juta atau tumbuh 38,64% tahun ini.

Anggota DPRD Sulut Affan Mokodongan menghimbau kejelian warga Sulut memanfaatkan program OD-SK dengan mengembangkan kreatifitas kerajinan tangan.

"Setahu saya warga sulut ini orang-orangnya punya kreatifitas tinggi, mengapa tidak menjual kreatifitas itu padahal turis yang datang banyak mencari budaya asli daerah, dengan menghasilkan kerajinan tangan ala nyiur melambai akan menghasilkan rupiah," kata Putra Bolmong raya ini.

Hitungan simpel yang disampaikan Affan, dari 48 ribu turis yang ada telah meninggalkan miliaran uang mereka di sulut.

"Bayangkan saja, setiap turis yang datang hanya mengeluarkan Rp100 ribu, berarti uang yang ditinggalkan mereka sudah capai Rp4,8 miliar. Momen ini yang harusnya dimanfaatkan warga," kata Affan Mokodongan.

Instansi terkait juga harusnya mampu memanfaatkan ini dengan menggerakan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan Usaha kecil menengah yang ada.

"Instansi terkait wajib bergerak, jangan hanya pangku tangan saja, OD-SK kerja siang malam tapi tidak diikuti dengan kerja baik dari bawahan semua tidak akan jalan baik," ungkap Affan.

Affan menghimbau, peluang bisnis ini jangan dibiarkan berlalu.

"Jika tidak jeli memanfaatkan peluang yang ada, kita sendiri yang rugi," tandasnya.(Obe)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini