Tokoh Adat Minahasa : MJP Banggakan Kita Semua

Pakaian Kebesaran Minahasa

MINUT - Tokoh Adat Makatana Minahasa Roky Oroh, Menanggapi positif pernyataan Ketua DPW PSI Sulut, Melky Jakhin Pangemanan (MJP). Yang mengecam dugaan larangan beribadah bagi umat Muslim di Kompleks Perumahan Agape Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara.

Menurutnya sikap politisi muda Sulawesi Utara itu adalah benar dan patut diberi apresiasi. Sebagai bagian dari penegasan nilai-nilai toleransi yang selama ini terawat di Nyiur Melambai.

Olehnya itu, aktivis adat yang juga merupakan Ketua BPD Ormas Adat Makatana Minahasa itu meminta, publik untuk membaca tuntas pernyataan-pernyataan Pangemanan di media. Supaya tidak menimbulkan polemik pro-kontra karena salah memahami.

“Seharusnya kita bangga. Ternyata masih ada politisi yang berkarakter kebangsaan. Memilih merawat keberagaman kita. Masih berdiri kokoh untuk melindungi siapapun yang ingin melaksanakan ibadah dan itu normatif dan jika semakin banyak yang mempraktekan itu saya jamin Indonesia akan bebas dari masalah SARA”, ungkap Roky Oroh, Rabu siang tadi.

Dia mencontohkan langkah yang diambil MJP berbedah dengan apa yang selama ini kita saksikan dan dengar di daerah-daerah lain.Yang menunjukkan betapa Kehidupan toleransi beragama kita makin sempit.

“Hal ini sangat kontras dengan manusia-manusia otak miring dan berhati barbar diluar sana yang tega men”cabut” izin tempat ibadah seperti yang terjadi di Bantul dan yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia. Menutup, merusak dan membakar rumah ibadah. Ribuan tempat ibadah lenyap hanya karena berbeda keyakinan”, timpalnya.


(Redaksi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini