Tunjang Kinerja DPRD Sulut, Sub Persidangan Launching Dan Intensification Course SILAP - AA



MANADO - Dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, maka pada hari Kamis, 21 Agustus 2019, Sekretariat DPRD melalui Sub Bagian Persidangan melaksanakan Launching dan Intensification Course tentang Sistem Pelaporan Hasil Rapat-Rapat DPRD Yang Akurat dan Akuntabel (SILAP-AA).

SILAP - AA merupakan sebuah inovasi jenis metode yang disusun dan dikembangkan oleh Kasubag Persidangan dan Risalah Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Gladly Taliawo, S.IP, sebagai implementasi proyek perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019.

"Selama ini, kita belum memiliki mekanisme pelaporan hasil Rapat-Rapat DPRD yang komprehensif. Staf yg mengerjakan laporan pun seringkali mengalami kesulitan karena kita belum memiliki acuan baku dalam menyusun laporan" demikian disampaikan oleh Kasubag Glad (sapaan akrabnya). Lebih lanjut dijelaskan oleh Glad, bahwa dengan adanya SILAP - AA maka staf sudah memiliki standar acuan dalam menyusun laporan hasil rapat. Menurutnya, laporan hasil rapat memiliki peran yg strategis dlm pelaksanaan tugas DPRD, karena selain sebagai bukti otentik pelaksanaan rapat, juga sebagai bahan pertimbangan hukum di rapat DPRD di waktu yang akan datang, karenanya perlu disusun secara komprehensif.

Ronny Geruh, S.Sos, selaku Kabag Persidangan sekaligus mentor dalam proyek perubahan ini menyatakan mendukung penuh penerapan SILAP-AA dalam penyusunan laporan hasil rapat DPRD. "SILAP-AA memiliki nilai inovasi tinggi karena dapat menunjang pelaksanaan tugas DPRD. Inovasi ini akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas. Saya selaku mentor mendukung penuh apa yg dilaksanakan oleh Pak Kasub Glad. Ini sesuatu yg sangat penting, sehingga perlu didukung" ungkap Ronny.

"Semua percakapan dalam rapat DPRD nantinya direkam dan dicatat, bahkan kita akan menggunakan video sehingga semua yang dibahas bersifat transparan, akurat dan akuntabel. Kita juga akan mengembangkan bank data arsip berbasis digital yg dapat diakses kapan saja, oleh siapa saja. Pak Ketua DPRD dan Pak Sekwan menginginkan kita bekerja secara akurat dan akuntabel, makanya kenapa inovasi ini dinamakan SILAP-AA" demikian Kasub Glad menutup percakapan.(***)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini