Iklan

Bupati Tetty Paruntu, Ketua DPRD Minsel Vicon Dengan Beberapa Menteri Terkait Covid-19

April 17, 2020, 21:06 WIB Last Updated 2020-08-07T04:26:35Z
Bupati Tetty Paruntu bersama ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan saat VICON bersama beberapa Menteri

MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Dr. Christiany Eugenia Paruntu SE, Jumat (17/4/2020) mengikuti VICON dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Keuangan (Menkeu), Menteri Sosial (Mensos), Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri desa PDTT, Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ketua Gugus Tugas Nasional bersama Gubernur serta Bupati/Walikota se-Indonesia dalam hal penanganan pandemi covid-19 ini.



Bupati Tetty Paruntu dalam VICON tersebut mendengarkan berbagai arahan dari beberapa Menteri terkait. Diawali dengan Mendagri, Tito Karnavian menyampaikan beberapa pedoman managemen penanganan covid-19 dan dampaknya bagi pemerintah daerah diantanya strategi pencegahan penularan, peningkatan sistem kekebalan tubuh, peningkatan kapasitas sistem kesehatan, peningkatan ketahanan pangan dan industri Alkes serta memperkuat Jaringan Penguatan Sosial.



Selanjutnya VICON dengan Menkeu menyampaikan mengenai penggunaan anggaran agar mengacu pada petunjuk pusat dan anggaran tidak melebihi dari yang sudah diatur, Menkeu juga menyampaikan agar penggunaan anggaran segera dilakukan diantaranya dengan melakukan pergeseran anggaran yang tidak terlalu penting. 




Ditambahkan juga hal buruk akibat dari keadaan saat ini dimana akan bertambahnya jumlah pekerja yang diberhentikan dan peningkatan jumlah pengangguran.

Hal ini perlu mendapat perhatian untuk diberikan bantuan. “Ini memang sulit, tapi kita harus menghadapinya” ujar Sri Mulyani.



Sementara giliran selanjutnya Mensos berharap bantuan kepada masyarakat agar disalurkan dan kemensos meminta paling lambat hari senin setiap daerah telah memasukkan nama nama yang belum menerima bantuan ke Kemensos pusat sambil berharap pemerintah daerah sudah melakukan berbagai upaya bantuan tanpa harus menunggu dari pusat.

Selanjutnya Ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 RI menyampaikan agar para pemudik tetap mengikuti aturan yang sudah di tetapkan sesampainya di daerah.



Terkait tenaga kerja Menaker menyampaikan akan memberikan bantuan  kepada para pekerja yang harus pulang daerah karena kehilangan pekerjaan sambil juga disiapkan program padat karya. 

Bupati Tetty Paruntu dalam VICON ini didampingi ketua DPRD Jenny J. Tumbuan, Asisten pemerintahan dan kesra, Asisten Administrasi Umum, Kepala BPBD, Kaban Bapelitbang, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan dan Kadis Koperasi UMKM.


(Sten/Adve)*

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tetty Paruntu, Ketua DPRD Minsel Vicon Dengan Beberapa Menteri Terkait Covid-19

Terkini

Iklan