Ini Himbawan Camat Langowan Utara Di Musim Penghujan

 

Camat Langowan Utara  Dra Yenny Palit SE

MINAHASA - Camat Langowan Utara Kabupaten Minahasa Dra. Yenny Palit SE, saat dihubungi Media Redaksisatu.com melalui telepon, Sabtu (16/1/2021) Mengatakan Bahwa Sudah beberapa hari ini musim penghujan dan angin kencang sedang melanda hampir di seluruh Indonesia termasuk di provinsi Sulawesi Utara khususnya kabupaten Minahasa bahkan kecamatan Langowan Utara.

Begitu pula dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan berdasarkan pantauan, musim hujan di Indonesia sudah pada puncaknya di bulan Januari 2021 ini.

Yenny Palit Camat Langowan Utara, menghimbau kepada masyarakat yang ada di kabupaten Minahasa Khususnya kecamatan Langowan Utara, agar supaya selalu waspada terhadap cuaca di musim penghujan dan angin kecang di bulan Januari 2021 saat-saat ini.

" Jadi saya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah kecamatan Langowan Utara untuk selalu waspada terhadap bencana yang kita tidak tau akan terjadi kapan saja di musim penghujan dan Cuaca Extrim saat ini," Ucap Camat yang baru di Percayakan oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring M.si.

Lanjut Camat Langowan Utara ini juga meneruskan Himbawan dari Bupati Dr.Ir Royke Roring M.si dan Wakil Bupati Robby Dondonkambey SSi. MM, dan ini yang harus kita hindari : 

1. Dihimbau, agar masyarakat meningkatkan Kewaspadaan terhadap Cuaca Extrim saat ini yaitu hujan Deras dan Angin Kecang,terutama yang tinggal di pinggiran sungai atau di wilayah rawan longsor.

2. Hindari melakukan perjalanan (darat/laut/udara), Mengurangi aktifitas di luar/Menghindari lakukan perjalanan.

3. Saat berkendara jika mengalami hujan badai carilah tempat berlindung yg aman. Hindari berlindung di bawah pohon karena rawan akan tumbang dan petir.

4. Hindari melewati jalanan rawan banjir.

5. Selalu Update prakiraan cuaca baik darat, laut dan udara.

6.Bersama giatkan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan.

7. Bersihkan parit, selokan, saluran alr dari sampah agar aliran air lancar untuk mencegah genangan air / banjir.

8. Perkuat dinding tebing dengan menanam pepohonan yg menyerap air dan membuat tembok dengan saluran air untuk menghindari longsor.

Lanjutnya jika terjadi sesuatu harap menghubungi diwilayah masing masing laporkan segera kepada kepada pemerintah setempat atau mengkoordinasikan dengan instansi terkait atau langsung menghubungi BPBD Kabupaten Minahasa dengan Kontak 0821-8844-3250

Camat Langowan Utara ini juga menambahkan untuk seluruh warga masyarakat yang ada, bahwa kita ketahui bersama wabah virus Corona atau Covid-19 sementara merajalela saat-saat ini dan kita belum tahu kapan akan berakhir maka diharapkan juga untuk kita semua tetap Menjaga Jarak, Rajin Cuci tangan dan harus tetap Memakai Masker.(*76).


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini