Iklan

Bupati Tetty Paruntu Dan Michaela Paruntu Dilantik Mapicap Kwarcap Pramuka Minsel.

September 10, 2019, 18:00 WIB Last Updated 2019-09-10T11:32:31Z
Bupati Tetty Paruntu Saat Dilantik Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Minsel

MINSEL - Bupati Kebupaten Minahasa Selatan ( Minsel) Dr Christiany Eugenia Paruntu SE, dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicap) kabupaten Minsel dan Ketua Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Minsel Michaela Elsiana Paruntu (MARS),Masa Bakti 2019-2024, Selasa (10/9/2019) dilantai 4 Kantor Bupati. 

Bupati dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerekan Pramuka Sulut Vanda Sarunajang yang diwakili Sekretaris Kwarda Sulut Maurits Berhandus.


Bupati saat Melantik Michaela Elsiana Paruntu sebagai Ketua Kwarcap Pramuka Minsel

Bupati Tetty Paruntu, yang selaku Ketua Mabicab gerakan pramuka Kabupaten Minsel dalam sambutanya mengatakan, hari ini dalam sukacita bersama di pelantikan majelis cabang dan pengurus kwartir cabang pramuka Kabupaten Kebupaten Minsel masa bakti 2019-2024.

“Peran dan eksistensi gerakan pramuka sebagai wadah dari pembinaan tunas-tunas muda harapan masa depan bangsa dan negara harus terus ditingkatkan,” kata Paruntu

Lanjutnya, oleh karena itu pelantikan majelis cabang dan pengurus kwartir cabang pramuka Kabupaten Minsel, diharapkan agar semakin memantapkan eksistensi gerakan pramuka di Daerah ini.



“Kita harus menanamkan nilai-nilai kewajiban terhadap Tuhan, Negara, sesama dan diri sendiri, seperti yang tercantup pada trisatya dan tata darma pramuka,” jelas Paruntu.

Bupati mengajak kepada pengurus, baik sebagai majelis cabang dan pengurus kwartir cabang. Bahkan seluruh element pramuka di Kabupaten Minsel

“Kita gairahkan, dorong, semangati dan tingkatkan kegiatan-kegiatan kepramukaan, bagi peningkatan kapasitas maupun pembinaan mental spiritual, bagi generasi atau tunas muda harapan bangsa. Tentu kita menghadapi berbagai kondisi dan tantangan pada konsdisi kekinian bagi generasi muda yang kita jalani,” ungkapnya.



Sementara itu Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerekan Pramuka Sulut Vanda Sarudajang yang diwakili Sekretaris Kwarda Sulut Maurits Berhandus menyampaikan, sebagaimana diketahui gerakan pramuka merupakan pembinaan generasi muda, sebagaimana yang tercantum dalam keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961, disebutkan bahwa pemerintah menugaskan kepada gerakan pramuka untuk melaksanakan pembinaan pada pemuda Indonesia.

“Karena itu sampai saat ini gerakan pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman, walaupun diera globalisasi penuh dengan kemajuan, pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia menjadi faktor penentu,” ujarnya.

Dijelaskanya, gerakan pramuka pada tahun 2010 telah disahkan dengan UU gerakan pramuka nomor 12 tahun 2010. Dengan adanya UU pramuka tentu sangat erat sekali hubunganya dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, untuk melaksanakan pembinaan sekaligus melakukan refitalisasi gerakan pramuka.

“Pembinaan yang dimaksud antara lain, untuk mementuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

(Sten)*

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tetty Paruntu Dan Michaela Paruntu Dilantik Mapicap Kwarcap Pramuka Minsel.

Terkini

Iklan