Iklan

Iklan

Tim Evaluasi Perkembangan Desa Kacamatan Ambar Di Sambut Pemdes Tewasen.

April 13, 2021, 15:40 WIB Last Updated 2021-04-13T08:01:44Z

 

Camat Amurang Barat Sonny Makaenas Ap.Sip.Msi saat menyampaikan sambutan

MINSEL - Pemerintah Desa Tewasen Kecamatan Amurang Barat (Ambar), Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menyambut baik kedatangan Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa Kecamatan Ambar, Selasa (13/4/2021) yang bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Tewasen.


Penjabat Hukum Tua Meity Pulingkareng SE pada kesempatan melaporkan kegiatan kegiatan yang dilaksankana Pemerintah desa dan Lembaga lembaga desa, berjalan dengan baik. Dari jumlah Penduduk 1.326 jiwa, lak-laki 687 jiwa, perempuan 639 jiwa, dan jumlah Kepala Keluarga 447 KK, Luas wilayah Desa Tewasen 21 Km2.


“Desa Tewasen memiliki  lembaga Desa yang terdiri dari BPD, PKK, Karang Taruna, LPMD, BUMDES. Lembaga-lembaga ini berfungsi untuk memperkuat kerja-kerja Pemerintah Desa dan Pemberdayaan masyarakat Desa,” ucap Pulingkareng.


Sementara Tim Penilai Kecamatan Ambar, hal ini Kasie Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Kecamatan Vanne Wahongan menjelaskan bahwa, hari ini adalah jadwal Lomba Desa yang ke 2 yang ada di kecamatan Amurang Barat.


“Untuk Kegiatan Lomba Desa bukan hal yang asing bagi kita karena ini setiap tahun dilakanakan dan untuk kegiatan Lombah Desa ini bukan program Pemerintah Kecamatan ataupun Pemerintan Kabupaten akan tetapi kegiatan ini adalah program Nasional,” Ucap Wahongan.


Dikatakannya lagi untuk kegiatan Lomba Desa ini mengacu pada Pemendagri no 81 tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan. Mengingat situasi Covid-19 maka Pemerintah mengusung tema ” Desa/Kelurahan Bangkit, Maju, Sehat dan Sejahterah”


Wahongan juga menjelaskan ada 6 yang menjadi Kriteria penilaian adalah, Adminitrasi Desa, Bidang Pendidikan, Ekonomi Masyarakat, Kesehatan, Sosial Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat dalam menunjang Program Pemerintah


” Untuk itu Tim penilai turun ditiap -tiap jaga untuk melakukan penilaian kepada masyarakat seperti,  kebersihan, pemasangan umbul-umbul, tanaman obat keluarga, taman bungah, tempat pembungan sampah, MCK dan Protap Covid-19 atau tempat cuci tangan di depan rumah, setelah itu Tim akan langsung melaksanakan Evaluasi untuk mengtahui nilai dari Desa tersebut,” Jelasnya.


Hadir pada kesempatan ini, Camat Ambar Sonny Makaenas Ap.Sip.Msi, Tim Penilaian Lomba Desa Kecamatan Ambar, Pendamping Desa, BPD, Puskesmas dan Perangkat Desa Tewasen.(*76)



Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Evaluasi Perkembangan Desa Kacamatan Ambar Di Sambut Pemdes Tewasen.

Terkini

Iklan