Iklan

Kapolres Minahasa Pantau Kegiatan Adat Tahunan Di Watupinabetengan

January 05, 2022, 13:41 WIB Last Updated 2022-01-05T05:41:01Z

 

Kapolres Minahasa Saat mengadakan Pantauan di Watupinabetengan


Minahasa - Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa, SIK, memantau langsung pelaksanaan Upacara ritual adat oleh masyarakat adat Minahasa yang dilakukan di awal tahun di lokasi Cagar Budaya Watu Pinawetengan, Desa Pinebetengan Kecamatan Tompaso, pada hari Senin (3/1/2022).


Upacara ritual adat di Watu Pinawetengan, merupakan pagelaran adat yang digelar setiap setahun sekali yang dilaksanakan saat bulan Purnama dimana kali ini jatuh pada tanggal 3 Januari. Upacara ritual adat Watu Pinawetengan disebut oleh Masyarakat adat Minahasa adalah upacara "Tumo'tol" yang diartikan memulai sesuatu.


Kedatangan Kapolres Minahasa dilokasi pelaksanaan upacara ritual adat, disambut baik oleh sejumlah pemimpin adat yang disebut Tonaas. Kapolres Minahasa melalui Kasi Humas Polres Minahasa IPTU Johny Rantung mengatakan bahwa Kapolres Minahasa sangat mengapresiasi antusias warga dalam hal ini Masyarakat Adat Minahasa, yang melaksanakan kegiatan adat namun berjalan tertib.


"Pak Kapolres menyampaikan terima kasih dan sangat mengapresiasi warga yang ikut dalam pelaksanaan upacara adat ini dimana seluruh peserta melaksanakannya dengan tertib, aman, dan kondusif, kami menyadari bahwa ini tidak mudah mengatur ribuan warga dari berbagai daerah yang datang melaksanakan ritual adat terlebihsaat ini, dimana kita semua masih dalam situasi pandemi, pembatasan dan penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan ketat, namun berkat kerja sama yang baik dari semua pihak terlebih para pemimpin adat semua dapat berjalan dengan baik, "ujar Kasi Humas Polres Minahasa.


Kapolres berharap tahun-tahun kedepannya pelaksanaan kegiatan upacara adat seperti ini, pengaturannya lebih ditingkatkan lagi, bahkan perlu diharapkan kegiatan ini menjadi agenda wisata budaya, yang saat ini sudah seharusnya menjadi perhatian Pemerintah juga.


Turut serta mendampingi Kapolres, Assisten Satu Setdakab Minahasa Reviva Maringka, Kadis Damkar Minahasa Alex Mamesah, Kasatpol PP Meydi Rengkuan, Camat Tompas Barat Stefry Pandey, ST, MAP, Kabag OPS KOMPOL Alfrets Tatuwo, S.Sos, Kapolsek Tompaso IPDA M.K Lattu, Kasi Propam IPTU Adrian Tatontos, Kasi Humas IPTU Johan Rantung  sejumlah PJU, dan Hukumtua Pinabetengan Selatan Wenly Lempoy. (Hence Karamoy) 

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres Minahasa Pantau Kegiatan Adat Tahunan Di Watupinabetengan

Terkini

Iklan