Iklan

"Kangkangi" Komisi I, Setwan Sulut Anggarkan 920 Juta

Redaksi Satu
May 15, 2022, 12:08 WIB Last Updated 2022-05-15T04:08:05Z
Majalah Legislative DPRD Sulut


MANADO - Sekretariat DPRD Sulut dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2022 ini jadi perhatian khusus karena terdapat mata anggaran kegiatan senilai Rp920 juta 'lolos' dari laporan ke Komisi I DPRD Sulut sebagai mitra kerja.

Mengingat salah fungsi alat kelengkapan dewan (AKD) seperti Komisi di DPRD Sulawesi Utara adalah pengawasan dan pembahasan anggaran.

Untuk tahun anggaran 2022 ini, Sekretariat DPRD Sulut menyusun anggaran untuk membuat Majalah Legislatif dengan nilai fantastis hampir 1 Miliar tepatnya 920 Juta rupiah.

Menurut Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Sulut John Paerunan, majalah bertema legislatif tersebut telah tercetak dua edisi total 600 eksemplar.

"Anggarannya 920 Juta, perbulannya dicetak dan kini sudah edisi kedua," jelas Paerunan.

Sementara itu, Vonny Paat selaku ketua komisi I DPRD Sulut mengakui tidak pernah mengetahui soal anggaran majalah tersebut.

"Kita Nda tahu itu, Nanti memang akan diagendakan untuk panggil RDP Sekretariat untuk pertanyakan ini," tegas Paat, Jumat (13/5/2022).

Dihari berbeda, Sekertaris DPRD Sulut Glady Kawatu selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) saat dikonfirmasi via phonsel menyatakan seluruh program dan kegiatan telah dilaporkan kepada pimpinan.

Lantas, siapakah pimpinan yang dimaksud.

"Pak Ketua," singkat jawab Glady, Sabtu (14/5/2022).

Glady mengakui kewenangannya sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) namun program strategis harus dibicarakan bersama pimpinan dewan untuk sinkronisasi.

"Untuk pendanaan secara rinci dibreakdown oleh Setwan sesuai SBM. Karena yang Pengguna anggaran adalah Sekretaris Dewan tapi program kegiatan startegis dibicarakan dalam rapat sinkronisasi Rencana Kerja Tahunan antara pimpinan dewan, Pimpinan AKD dan Setwan," jelas Glady.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • "Kangkangi" Komisi I, Setwan Sulut Anggarkan 920 Juta

Terkini

Iklan