F-RNK Dukung F-PDIP Rekom "Bongkar" Perangkat Daerah

 



MANADO - Fraksi Restorasi Nurani Keadilan (F-RNK) DPRD Sulut menyatakan dukungan terhadap Fraksi PDI Perjuangan merekomendasikan kepada Gubernur Olly Dondokambey (OD) - Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK) untuk melakukan penyegaran terhadap Pimpinan Perangkat Daerah jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

Sekertaris F-RNK Nolly Lamalo menganggap perlunya penyegaran tersebut sebagai bentuk dukungan politik terhadap (OD-SK) melunasi janji politik yang tertuang dalam 7 program pokok.

"7 program pokok yang dituang dalam 92 butir RPJMD dengan ujung tombak para perangkat daerah baik eselon 2 sampai eselon 4, namun sayangnya dari penilaian kami selama beberapa bulan terakhir, lebih dari 50 persen perangkat daerah tak mampu mengamankan kepercayaan yang diberikan OD-SK," jelas Lamalo, Rabu (7/6/2017) diruang kerjanya.

Menurut Lamalo, rekomendasi politik ini sebagai salah satu bentuk tugas legislasi yaitu pengawasan dan dinilai perlu dilakukan roling jabatan.

"Situasi saat ini sangat rentan akan pengentasan janji politik, banyak pimpinan Perangkat Daerah minim prestasi dan tak mampu berkoordinasi dengan OD-SK, maunya jalan sendiri," tegas Lamalo yang juga Wakil Kerua Komisi II.

Sementara itu, anggota Komisi II Teddy Kumaat menyatakan bahwa saat ini komisinya tengah getol memanggil jajaran perangkat daerah yang menjadi mitra kerja komisinya guna melakukan koordinasi dan evaluasi.

"Dari hasil pembahasan dengan instansi-instansi yang ada, rata-rata mengecewakan minim akan peningkatan kerja dan penyerapan anggaran yang memberikan hasil langsung terhadap masyarakat, jika dibiarkan akan makin membias dan berdampak langsung kepada kredibiltas OD-SK," lugas Kumaat.

Lanjut dikatakan Kumaat, Komisi II memfokuskan pada program pemerintah yang bersentuhan langsung terhadap masyarakat terutama pengembangan perekonomian.

"Program kerja yang ada tidak menunjukan kepentingan keberpihakan terhadap rakyat tak sejalan dengan semangat OD-SK, padahal secara tegas dan jelas OD-SK "mengkultuskan" program kerja bersentuhan langsung terhadap masyarakat," kata Kumaat yang juga ketua Fraksi PDI-P.

Tak ingin menghancurkan program OD-SK yang telah tersusun, menurut Kumaat sudah saatnya OD-SK melakukan perombakan terhadap jajaran perangkat daerah yang ada.(Obe)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini