Iklan

Pilkada Minahasa Bukan Ivansa-CNR Vs RoR - RD Lagi, Tapi...

January 08, 2018, 23:10 WIB Last Updated 2018-01-08T15:10:03Z


MINAHASA - Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa 2018-2023 penuh dengan kejutan dan diluar perkiraan.

Beberapa waktu lalu, Surat Keputusan (SK) DPP Golkar terhadap Ivan Sarundajang - Careigh Nachel Runtu (CNR) sempat digoyang isu pembatalan akhirnya lolos dari lubang jarum.

Demikian pula dengan PDIP yang diperkirakan kalangan umum akan mengusung incumbent yang juga ketua DPC PDIP Minahasa Jantje Wowiling Sajouw (JWS), Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey justru ambil sikap diluar ekspektasi umum Roy Oktavianus Roring (RoR) - Robby Dondokambey (RD).

Gengsi partaipun jadi taruhan, kebesaran nama Olly Dondokambey (OD) di PDIP dan gengsi Christiany Eugenia Paruntu(CeP) yang baru memegang kursi ketua DPD 1 Golkar Sulut dengan janji mengembalikan masa keemasan partai golkar.

Melihat fenomena ini, pengamat politik Sulut Freddy Ratumbanua mengatakan yang terjadi bukan lagi soal figur pasangan calon tapi bintang dibalik kedua pasangan calon.

"Ivansa-CNR dengan mengantongi modal dukungan 13 kursi di DPRD Minahasa yang terdiri dari Golkar,Nasdem dan PKPI memiliki nama-nama besar dibalik partai-partai tersebut. Belum lagi dengan kemampuan S.H Sarundajang dan Stefanus Vreeke Runtu,"jelasnya.




Untuk Ivansa - CNR ada beberapa nama besar yang akan memback up selain SHS dan SVR, seperti srikandi partai Nasdem yang dikenal berkomitmen dan kritis Felly Runtuwene dan C.E Paruntu.






Masih kata Ratumbanua, untuk pasangan usungan PDIP RoR-RD dengan modal dukungan 22 kursi di DPRD Minahasa yang diusung oleh Hanura,Gerindra dan Demokrat.

"Jika dilihat dari segi figur, mungkin RoR-RD masih butuh sosialisasi. Tapi, tokoh-tokoh politik dibelakang mereka sudah tak diragukan lagi dan ini menjadikan posisi berimbang,"ungkap Ratumbanua.

Untuk diketahui, beberapa nama besar yang mendukung RoR-RD adalah, Benny Rhamdani,Wenny Lumentut, GSVL dan Vonie Panambunan.

Pertarungan nama besar dikedua kubu ini yamg akan bertarung memperebutkan dukungan dan simpatik warga Minahasa menuju lebih baik.

"Program kerja diharapkan akan dipaparkan ke masyarakat,sehingga warga dapat memilih calon untuk membangun Minahasa,"tandasnya.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pilkada Minahasa Bukan Ivansa-CNR Vs RoR - RD Lagi, Tapi...

Terkini

Iklan