Iklan

Iklan

Pansus DPRD Pembahas LKPJ Gubernur Sulut Tahun Anggaran 2020 Tuntas

Redaksi Satu
April 27, 2021, 20:41 WIB Last Updated 2021-04-27T12:46:40Z

MANADO - Panitia Khusus (Pansus) Pembahas Laporan Keterangan dan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Tahun Aggaran 2020 tuntas dibahas, Senin (26/4/21) sore. 


Pansus yang dipimpin langsung oleh Rocky Wowor ini mulai bekerja sejak hari Selasa 20 April 2021 dengan menghadirkan seluruh instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Propinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).


Sejak hari pertama pembahasan, Pansus bekerja dengan penuh ketelitian menguliti serta menelaah LKPJ dari setiap instansi SKPD pemprov Sulut.


Dalam pembahasan LKPJ antara Pansus dengan pihak eksekutif terjadi tanya jawab serta berlangsung menarik.


Semua program pemerintah provinsi Sulut yang didanai baik oleh APBD maupun APBD Perubahan pada tahun anggaran 2020 melalui SKPD terkait dipertanyakan oleh anggota Pansus. 


Bahkan, usulan dan masukan dari Pansus ikut disampaikan agar program serta roda  pembangunan di Sulut dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang telah termaktub dalam RPJMD.


Ketua Pansus LKPJ Rocky Wowor menjelaskan dalam sesi tanya jawab dengan wartawan mengungkapkan, bahwa tidak ada satupun SKPD yang tidak melakukan refocusing anggaran pada tahun 2020. Dimana karena refocusing, banyak program di SKPD yang tidak terlaksana.


“Itu yang menjadi permasalahan, tapi kita tahu bersama dasar refocusing itu adalah Perppu 1 Tahun 2020 yang mengamanatkan dalam Undang-undang Pemerintah Daerah merefocusing untuk penanganan Covid-19,” kata Wowor.


Ketua Fraksi PDIP itu mengatakan, dalam pembahasan LKPJ yang dilakukan bersama SKPD, ada program-program tindaklanjut dari hasil rekomendasi dari 2019 di satu dua dinas yang belum maksimal dari hasil rekomendasi DPRD pada tahun anggaran sebelumnya.


“Jadi ada beberapa dinas saja yang belum 100 persen menindaklanjuti hasil rekomendasi dari DPRD pada tahun anggaran sebelumnya tandas dia.

Untuk tahapan selanjutnya, kata Rocky, Pansus akan mulai turun lapangan. Tepatnya di tanggal 28 April 2021 sampai 4-5 Mei 2021.


“Tanggal 6 Mei nanti, rencananya akan finalisasi, dan pansus akan memberikan laporan kepada pimpinan DPRD, sehingga ini akan dimasukkan dalam pembahasan Banmus untuk dijadwalkan rapat paripurna penetapannya,” tandasnya.

Pansus juga akan siapkan catatan-catatan strategis atau rekomendasi bagi eksekutif untuk ditindaklanjut agar berbagai program bisa terlaksana dengan baik demi kepentingan masyarakat Sulawesi Utara.

“Dalam dalam rapat paripurna, Pansus akan sampaikan rekomendasi,”pungkasnya.

Adapun struktur kepemimpinan dan anggota Pansus adalah Rocky Wowor (Ketua), Nick Lomban (Wakil Ketua), Raski Mokodompit (Sekretaris) serta anggota Pansus masing-masing Vonny Paat, Sandra Rondonuwu, Melissa Gerungan, Hilman Idrus, Herry Rotinsulu, Agustine Kambey, Stella Runtuwene, Braein Waworuntu, Cindy Wurangian, Ronald Sampel, Sjenni Kalangi dan Amir Liputo.(adv)



Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pansus DPRD Pembahas LKPJ Gubernur Sulut Tahun Anggaran 2020 Tuntas

Terkini

Iklan