Iklan

Iklan

Basmi Bandit Solar Subsidi, Pemprov - DPRD Sulut Sepakat

Redaksi Satu
October 20, 2021, 12:55 WIB Last Updated 2021-10-20T04:55:25Z


MANADO - Benang kusut persoalan kelangkaan bahan bakar solar subsidi berhasil diurai DPRD Sulut lewat rapat dengar pendapat (RDP) lintas komisi yang dipimpin oleh ketua Komisi II Cindy Wurangian, Selasa (19/10/2021).

Para anggota dewan mengharuskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut membentuk tim pengawas terhadap penyaluran Solar Subsidi.

Pasalnya, besar dugaan dari anggota dewan yang hadir telah terjadi penyalahgunaan solar subsidi oleh beberapa oknum nakal.

Pemprov Sulut melalui asisten II Praseno Hadi menegaskan dalam beberapa jam kedepan, Gubernur Olly Dondokambey akan mengeluarkan intruksi.

"Intruksi ini akan ditujukan kepada Bupati/Walikota di Sulut membentuk tim pengawas, dan kami akan mengawasi bupati/walikota benar-benar telah melakukan pengawasan suplay solar subsidi," tegas Praseno.

Sementara itu, Tito Rivanto Sales Manajer Pertamina Manado menjanjikan dalam jangka waktu tujuh hari kedepan akan mengurai benang kusut kelangkaan solar subsidi.

"26 Oktober 2021 suplay solar subsidi di seluruh SPBU di Sulut akan normal," tegasnya.

Tujuh rekomendasi tersebut adalah :

1. Pertamina menjamin mulai tanggal 26 Oktober 2021 tidak ada lagi antrian solar di Sulawesi Utara dengan tidak merugikan pihak manapun

2. Data dari Pertamina dan Hiswana Migas untuk dapat diberikan secara berkala setiap 3 bulan kepada Pemprov Sulawesi Utara dan DPRD Sulawesi Utara.

3. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara dalam hal ini Asisten II Bidang Perekonomian untuk segera menyurat ke BPH Migas untuk penambahan kuota Solar

4. Pertamina di minta menjamin ketersediaan BBM semua jenis minimal hingga akhir tahun 2021.

5. Data adanya dugaan mafia solar yang dimiliki ALFI diminta diserahkan pada DPRD Sulut untuk segera ditindaklanjuti.

6. Pemerintah Provinsi membentuk tim monitoring dan evaluasi melibatkan semua pihak terkait.

7. Pemerintah Provinsi membentuk monitoring evaluasi (Monev) terhadap penyaluran solar.

Cindy Wurangian Srikandi Golkar Bitung ini memastikan DPRD Sulut akan melakukan pengawasan untuk memastikan rekomendasi ini dijalankan.

"Ini dilakukan agar solar subsidi benar-benar dipakai oleh warga yang layak menggunakannya," tandas Cindy.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Basmi Bandit Solar Subsidi, Pemprov - DPRD Sulut Sepakat

Terkini

Iklan