Iklan

Bataha Santiago Didaftarkan Masuk Pahlawan Nasional, RINY TAMUNTUAN : 10 November Disahkan

Redaksi Satu
October 13, 2021, 22:18 WIB Last Updated 2021-10-13T14:18:09Z

MANADO - Sekertaris Komisi IV DPRD Sulut Jems Tuuk getol suarakan Tokoh Bataha Santiago untuk dicatatkan negara sebagai pahlawan nasional.

Ini disampaikan Tuuk saat gelaran Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPRD Sulut bersama Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Rinny Tamuntuan bersama jajarannya, Rabu (13/10/2021)

"Beberapa waktu lalu, kami bersama Dinsos menemui Kementrian Sosial dan salah satu maksud pertemuan tersebut adalah pengusulan nama Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional. Sudah sampai mana perkembangannya ?," lugas Tuuk Politisi Bolmong Raya.

Menurut Tuuk, Bataha Bogani layak ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional karena heroiknya melawan dan mempertahankan tanah Indonesia lepas dari penjajahan belanda saat itu.

Menanggapi ini, Rinny Tamuntuan menyatakan hasil positif aspirasi tersebut telah mendapat tanggapan positifi dari Kemensos.

"Beberapa waktu lalu, Ketua DPRD Sulut telah menanyakan langsumg kepada Mensos dan Puji Tuhan jawaban mensos tinggal menunggu ditandatangani oleh Presiden," jelasnya.

Disampaikan Tamuntuan, sesuai dengan penjelasan Mensos akan diserahkan dalam waktu dekat ini.

"Jika tidak halangan, penyematan Pahlawan Nasional tersebut akan dilakukan tepat pada peringatan hari Pahlawan pada 10 November nanti," lugas Istri Ketua DPRD Sulut ini.

Tuuk kembali meminta untuk tahun 2022 nanti, Raja Datoe Binangkang tokoh Bolmong Raya akan diusulkan sebagai pahlawan nasional.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bataha Santiago Didaftarkan Masuk Pahlawan Nasional, RINY TAMUNTUAN : 10 November Disahkan

Terkini

Iklan