Iklan

Banggar Ulas Target RS ODSK, Dirut Tetap Tenang

Redaksi Satu
September 22, 2022, 09:03 WIB Last Updated 2022-09-22T01:03:11Z


SULUT - Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sulut melakukan pembahasan terakhir terkait KUA-PPAS Perubahan APBD 2022, Rabu (21/9/2022) di ruang rapat paripurna.

Dalam pembahasan itu, target retribusi untuk RSUD ODSK hingga Rp33 miliar dinilai Tim Banggar sangatlah besar.

Anggota Banggar Julius Jems Tuuk berpendapat RSUD ODSK difokyskan pada pelayanan bukan target PAD.

"Bisa tidak lembaga ini mendesak gubernur agar rumah sakit yang dimiliki pemerintah sulawesi utara gratis buat rakyat sulawesi utara," lantang Tuuk dihadapan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi utara, Praseno Hadi dan jajarannya.

"Jadi usul saya, semua rumah sakit termasuk rumah sakit ODSK  tidak perluh memungut biaya kecuali mengukur berapa sih OPEX (Operating Expenditure/Pembelanjaan Operasional) ini," tandas Tuuk.

Sementara Ketua DPRD Sulut, dr.Fransiscus Andi Silangen berpendapat, di bidang kesehatan perluh adanya target. 

"Karena tidak ada orang atau bidang usaha di bidang medis yang rugi. Apalagi sekarang kesehatan saat ini sudah berbeda, hampir semua ditanggung oleh BPJS, dan rumah sakit tipe D, tipe C, tipe B, tipe A akan bertahan, makanya mengapa rumah sakit swasta berlomba-lomba berdiri di sini. Jadi selalu ada profitnya. Kalau tidak ada profit pasti tidak ada rumah sakit yang akan di bangun, iya kan?," ucap Ketua Dewan.

Lebih lanjut disampaikan Ketua Dewan Silangen, pembangunan Rumah Sakit ODSK merupakan dana pinjaman. "Sehingga kita harus penuhi target," jelas dia sembari memberikan contoh rumah sakit di luar daerah dengan kasus yang sama tapi bisa memenuhi target sehingga bisa melunasi hutang dalam jangka waktu dua tahun.

"Jadi tidak ada masalah untuk target," kata Silangen.

Namun demikian lanjut Ketua Dewan Silangen, terkait target yang ditatapkan untuk Rumah Sakit ODSK yaitu Rp.33 miliar harus dikoreksi lagi.

Saat mendengarkan ini, tampak rawut wajah Direktur Utama Rumah Sakit ODSK, Enrico Rawung saat mendengar masukkan, saran bahkan kritikan terlihat sangat tenang.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Banggar Ulas Target RS ODSK, Dirut Tetap Tenang

Terkini

Iklan