Iklan

Kepsek Tukang Potong Dana PIP, Inspektorat Sulut Nyatakan Bersalah

Redaksi Satu
April 12, 2023, 14:59 WIB Last Updated 2023-04-12T06:59:25Z




SULUT - Anggota DPRD Sulut Jems Tuuk tak henti-hentinya perjuangkan hak siswa SMA Negeri I Dumoga penerima Dana Program Indonesia Pintar (PIP) , Kabupaten Bolaang Mongondow,Sulut yang dipotong oleh pihak sekolah untuk pungutan komite.

Alhasil, Kepala Sekolahnya lengser diganti hari Rabu (12/04/2023).

Kepala Inspektorat Sulut Meiky Onibala dalam pembahasan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sulut membahas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Sulut tahun anggaran 2022, menegaskan hasil pemeriksaan Kepsek bersalah.

"Yang pasti yang bersangkutan bersalah dan hari ini saya dengar dia hari ini diganti,"singkat jawab Onibala menjawab pertanyaan dari anggota Pansus Stela Runtuwene.


Untuk diketahui, Tuuk geram dengan tindakan pemotongan bantuan pemerintah pusat tersebut yang dilakukan pihak sekolah dengan dalih untuk menutupi uang komite siswa yang menunggak.

”Ketika dana PIP ini turun, dimobilisasi-lah anak – anak ini ke Bank langsung dipotong untuk bayar uang komite,”lugasnya.

Tuuk mencotohkan ada yang hanya menerima Rp. 7000 dari jumlah Rp. 1.000.000 yang mestinya diterima siswa.


Setelah melalui proses berliku, Pasca Laporan temuan anggota DPRD Sulut Jems Tuuk perihal pemotongan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMAN 1 Dumoga untuk dana komite, tak kunjung tuntas.

Padahal laporan ini ditangani oleh Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) dan Inspektorat Sulut.


Rabu (25/01/2023), Dikda Sulut melalui Sri Ratna Kepala Bidang SMA  memanggil kepala sekolah SMA Negeri I Dumoga.

Kemudian Sri Ratna menganggendakan untuk turun pengecekan kesekolah.

Namun kemudian, persoalan tersebut diambil alih penanganannya oleh Inspektorat Sulut seperti halnya yang disampaikan Kabid Dikda Sri Ratna Pasiak.

"SMAN 1 Dumoga sekarang sudah di tangani dan di periksa oleh Inspektorat," tulis Ratna saat dihubungi via Wa, Sabtu (4/02/2023) lalu.

Dikonfirmasi diwaktu yang sama via Wa kepada Kepala Inspektorat Sulut Meiki Onibala membenarkannya.

"Sementara pemeriksaan ya,Minggu lalu kepala sekolahnya telah dipanggil menghadap di kantor," kata Onibala,Sabtu (4/02/2023) saat itu.

Kala itu, Onibala pastikan Awal pekan depan, Inspektorat akan turun ke SMAN I Dumoga.

"Senin lusa dorang turun, karena kemarin baru minta keterangan SOP seperti itu,ada bukti-bukti kuat di TL nanti di lapangan," tegasnya.

Pada Senin (13/02/2023) Onibala menyatakan masih menunggu hasil Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Inspektorat Sulut selama melakukan pengecekan ke SMA Negeri Dumoga,Bolaang Mongondow.(obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kepsek Tukang Potong Dana PIP, Inspektorat Sulut Nyatakan Bersalah

Terkini

Iklan