Iklan

Polri 77 Tahun, RASKI MOKODOMPIT : Penjaga Keamanan yang Tangguh Dalam Pemilu

Redaksi Satu
July 03, 2023, 23:10 WIB Last Updated 2023-07-03T15:10:44Z


 





SULUT - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara atau Hari Bhayangkara diperingati Sabtu, 1 Juli 2023.

Hari Bhayangkara adalah hari Kepolisian Nasional yang diambil dari momentum turunnya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946

Tahun ini, Hari Bhayangkara mengusung tema 'Polri Presisi untuk Negeri,Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas'

Dimana tiap tanggal 1 Juli, bangsa Indonesia merayakan Hari Bhayangkara sebagai penghormatan terhadap Kepolisian Republik Indonesia, yang berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Salah satu fokus utama peringatan Hari Bhayangkara 2023 adalah komitmen Polri dalam beradaptasi dengan perkembangan yang semakin pesat serta mengajak masyarakat untuk menjadi cerdas dalam menghadapi tantangan.

Hari Bhayangkara merupakan peringatan untuk menghormati pendiri Polri, yaitu Inspektur Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bhayangkara Jenderal Sudirman.

Beliau adalah pahlawan nasional Indonesia yang berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan dan pendirian Polri sebagai kekuatan penegak hukum yang profesional.

Ketua Komisi I DPRD Sulut Raski Mokompit berpendapat setiap saat anggota Polri bersentuhan dengan rakyat dengan melindungi masyarakat, mengayomi masyarakat, dan melayani masyarakat.

“Diharapkan Polri bersinergi dengan masyarakat bersama-sama menjaga situasi kondusif di lingkungan masing-masing untuk menciptakan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 2024 semoga bisa berjalan dengan damai,” ujar Politisi Golkar ini.

Ia berharap di HUT ke-77 ini, polri semakin menjadi pengayom bagi masyarakat, pelindung masyarakat, dan makin dekat dengan masyarakat dan semakin presisi.

"Menjelang tahun politik 2024, Raski yang juga Ketua Fraksi Golkar ini pun berpesan agar polri bisa menjaga kondusifitas. Menjaga netralitas untuk pemilu yang berkualitas.

Legislator Dapil Bolmong Raya ini pun mengungkapkan penghargaan dan apresiasi tinggi terhadap peran yang luar biasa yang telah ditorehkan oleh Polri dalam memastikan kelancaran dan kedamaian Pemilu.

“Proses demokrasi adalah tonggak penting dalam negara kita, dan Polri telah berperan sebagai penjaga keamanan yang tangguh dalam setiap tahapan Pemilu,” kata Politisi Kalem ini.

Raski mengatakan kehadiran penegak hukum ini memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat, memungkinkan para pemilih untuk berpartisipasi secara bebas dan adil dalam memilih perwakilan mereka.

"Keberhasilan ini juga kerjasama yang baik dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan stakeholder terkait lainnya. Sinergi dan kolaborasi antara lembaga-lembaga ini berkontribusi pada terwujudnya Pemilu yang berintegritas dan transparan,"lugasnya.

Raski mengapresiasi dan mengakui serta menghargai dedikasi serta pengabdian Polri dalam memastikan suksesnya Pemilu.

"Semangat untuk terus memperkuat demokrasi dan menjaga keamanan negara harus terus ditanamkan dalam hati setiap anggota Polri dan masyarakat. Polri menjadi teladan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam membangun bangsa yang lebih baik,"kata putra Bolmong Raya ini.

Iapun menilai polri sekarang semakin profesional. Itu dibuktikan dengan salam presisi.

Ia melihat semakin hari, Polri semakin dipercaya masyarakat.

"Ada tingkat kepercayaan yang lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya. Selain sebagai anggota dewan, ARA yang juga Indonesia Offroad Federation (IOF) mengaku banyak kerja sama dengan polri,"ungkapnya.

Raski pun mencontohkan Polri bersama-sama memberikan bantuan korban bencana dan lain-lain.

“Jadi polri semakin ke sini, polri semakin baik dan makin profesional, semakin dipercaya dengan salam presisinya,” ujarnya.

Khusus jelang pemilu, Ia pun mengapresiasi dibentuknya polisi RW untuk tingkatan pemilu nanti.

Namun, ia berharap polri tetap menjaga netralitasnya.

“Mengawal pemilu dengan baik sesuai dengan salam presisi, Polri makin dipercaya,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, di hadapan Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menyampaikan Polri siap untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan sebaik mungkin.

“Polri komitmen akan bersinergi dan berikan yang terbaik demi Pemilu 2024,” tegas Jenderal Pol. Listyo Sigit.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polri 77 Tahun, RASKI MOKODOMPIT : Penjaga Keamanan yang Tangguh Dalam Pemilu

Terkini

Iklan