Iklan

Iklan

AKI Sulut Nopol, Diduga Proyek Bronjong Desa Tewasen Sarat Korupsi

April 21, 2021, 20:25 WIB Last Updated 2021-04-21T14:23:58Z

 

Ketua LSM AKI SULUT Noldy Poluakan

MINSEL - Proyek pembangunan pembuatan bronjong yang terletak di Desa Tewasen Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diduga tidak sesuai Pengerjaanya dan diduga sarat dengan Korupsi.


Hal itu membuat Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Anti Korupsi Indonesia (AKI) Provinsi Sulawesi Utara Noldy Poluakan (Nopol) angkat bicara dan mengecam, bahkan akan melaporkan ke Polda bahkan ke Kejaksaan tinggi Sulut.


Proyek Pembangunan bronjong penahan jalan akibat longsoran pada beberapa bulan yang lalu, yang terletak di Desa Tewasen Kecamatan Amurang Barat, saya dan rekan rekan LSM akan laporkan Ke Polda bahkan juga ke Kejaksaan tinggi karena pekerjaan tersebut diduga tidak sesuai, kami menduga proyek tersebut sarat dengan Korupsi, pasalnya Papan Proyek tidak terpasang di lokasi Proyek pembuatan Bronjong, Ucapnya.


"Memang seharusnya proyek pembuatan Bronjong harus mempunyai Papan Informasi,(Papan Proyek) tapi sampai saat ini saya melihat tidak ada papan informasi, apakah proyek ini angaran kabupaten, provinsi atau pusat kami tidak tahu. Tapi, setau saya itu pembuatan bronjong penahan jalan yang longsor pada beberapa bulan yang lalu," Ucapnya, melalui sambungan telepon pada hari Senin (20/4/2021).


Nopol juga menambahkan kami akan melaporkan pembangunan proyek tersebut. Selain itu kami juga akan meminta kepada Polda dan pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut agar memanggil dan memeriksa Dinas Pekerjaan Umum dan balai jalan Provinsi beserta Pihak Kontraktor atas apa yang menjadi Temuan kami dilapangan saat melakukan investigasi.


Pekerjaan bronjong yang dimulai Januari 2021 itu dikerjakan oleh kontraktor yang tidak diketahui perusahaannya. Di lokasi pekerjaan tidak ditemui keterangan apa pun tentang siapa pihak rekanan yang mengerjakan. Ketidaktransparanan pembangunan bronjong ini nenimbulkan tanda tanya besar bagi masyarakat.


Sementara salah satu pengawas yang berada di lokasi proyek saat di konfirmasi media ini mengatakan, bahwa papan proyek setau dia berada di titik Nol yang berada di desa kapitu.


"Jadi satau saya papan proyek ada di titik nol yang berada di desa kapitu karena papan proyek tersebut merupakan satu paket pengerjaan mulai dari  kapitu kecamatan Amurang barat sampai desa sinisir kecamatan Modoinding,"Ucapnya.


Tambahnya lebih Jelas tanyakan saja kepada Konsultan yang menangani proyek ini atau langsung ke Dinas PU (Balai Jalan) provinsi Sulut Karena saya juga hanya ditugaskan untuk mengawasi orang kerja.(76)


 





Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • AKI Sulut Nopol, Diduga Proyek Bronjong Desa Tewasen Sarat Korupsi

Terkini

Iklan