Iklan

Hari Lahir Pancasila, JAK : Pedoman Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Redaksi Satu
June 01, 2022, 09:21 WIB Last Updated 2022-06-01T01:21:30Z


MANADO - Setiap tanggal 1 Juni, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, peringatan hari tersebut menjadi bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia, mulai dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tema yang diangkat untuk peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 adalah peradaban sebagai tata krama, perilaku, atau sopan santun yang diwujudkan oleh setiap manusia dari waktu ke waktu baik dalam realitas politik, ekonomi, dan sosial.

Bagi seorang anggota DPRD Sulut James Arhur Kojongian (JAK) peringatan Hari Lahir Pancasila perlu menjadi momentum untuk merefleksikan diri sebagai anak bangsa.

"Pancasila tak butuh diucapkan kelima butirnya, namun ia butuh diamalkan dalam kehidupan nyata. Dari Pancasila kita bisa belajar tentang perikemanusiaan, bahwa setiap warga negara di Bumi Pertiwi berhak mendapat perlakukan yang adil nan beradab," kata JAK, Rabu (1/6/2022).

Lanjutnya, Pancasila dasar negara tetap selalu menjaga persatuan dan kesatuan negara ini.

"Mari kita gaungkan sikap toleransi beragama dan senantiasa mengecam tindakan radikalisme. Selamat Hari Lahir Pancasila," kata dia.

Iapun lanjut menyatakan dalam keberagaman beda agama, beda bahasa, beda warna kulit. Tapi, satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila.

"Refleksikan nilai luhur pancasila dalam kehidupan bernegara dan berbangsa dengan menempatkan Pancasila demi keutuhan Indonesia yang lebih baik. Dari Pancasila kita bisa belajar tentang pentingnya merawat budaya bangsa. Mari kuatkan hati dan visi NKRI agar generasi muda penerus bangsa ini tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar," ajak JAK.

Ia mengharapkan untuk tetap jaga tali persaudaraan dari semua perbedaan dengan rasa cinta dan kasih demi menjaga peradaban yang maju, sentosa, dan bahagia.

"Berbeda-beda tapi tetap satu, bersama-sama kita bisa bersatu, mari kita bergotong-royong menuju harapan dan cita-cita Indonesia Maju. Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri," lugasnya.

Pada akhirnya JAK minta agar jadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Lahir Pancasila, JAK : Pedoman Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Terkini

Iklan