Iklan

Bebani Orang Tua Siswa, TUUK Wajibkan Hapus Dana Komite

Redaksi Satu
March 08, 2023, 16:54 WIB Last Updated 2023-03-08T08:54:06Z




SULUT - Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Pendidikan Sulawesi Utara Jems Tuuk minta penghapusan dana komite sekolah.

Ini diutarakannya kepada Panitia Khusus  (Pansus) pembahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Pendidikan Sulut, Selasa (7/03/2023).

Jems mengatakan, Dulu dana komite itu diadakan karena dana BOS belum ada, tapi ketika dana BOS ini ada, dana komite tetap masih jalan.

"Saya dapati dilapangan ada seorang oknum kepsek yang mengambil dana PIP siswa yang di berikan Presiden Jokowi untuk membayar komite. Kejadian itu terjadi di SMA 1 Dumoga," Katanya.

Tuuk bahkan mengisahkan para orang tua sampai menangis saat menemuinya.


"Hal itu sangat memiriskan. Ada orang tua yang menangis dihadapan saya, berharap bantuan PIP itu dipakai untuk beli tas dan sepatu sekolah anaknya, tapi kenyataan dilapangan, oknum kepsek langsung mengambil bantuan PIP itu untuk pembayaran komite," Ucap Tuuk.

Kasus seperti ini juga diakui Jems Tuuk terjadi di SMA 4 Kota Manado, dimana ijazah belum diberikan ke siswa lantaran belum melunasi komite.

Atas dasar itu, dirinya meminta di dalam draft Ranperda penyelenggaraan pendidikan sulut yang nantinya akan diterbitkan menjadi perda, tidak boleh lagi mencantumkan yang namanya Komite.

"Kecuali sekolah itu tidak mendapatkan dana BOS, baru bisa hidupkan lagi ini Komite," Tegas Tuuk.

Saat ini, banyak sekolah berpegang teguh pada PerGub nomor 7 tahun 2021 poin 7 yang berisi sumbangan sukarela. Ini jadi centolan hukum penarikan komite.

Dengan digunakannya PerGub ini, menurut Tuuk bahwa itu tidak tepat.

"Jadi saya tetap bersikukuh tidak boleh ada komite," Singkatnya.

Lanjut Tuuk, kalau Perda penyelenggaraan pendidikan ini tetap mengakomodir penarikan dana komite, dirinya akan membuat gugatan untuk membatalkan Perda ini.

"Karena nantinya Perda ini akan menjadi alat perampokan oleh para oknum-oknum kepsek terhadap siswa. Karena kondisi hari ini, sampai dana PIP pun disikat," Pungkasnya.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bebani Orang Tua Siswa, TUUK Wajibkan Hapus Dana Komite

Terkini

Iklan