Iklan

Rayakan Hari Buruh, Tommy sampelan Cs Semarakan Bersama Ribuan Warga, Steven Kandouw : Hidup Buruh

Redaksi Satu
May 02, 2024, 14:15 WIB Last Updated 2024-05-02T06:15:41Z



SULUT - Memperingati dan memaknai hari buruh 1 Mei 2024, Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Sulut rayakan bersama ribuan warga yang dipusatkan di pasar Bersehati Manado dimana kegiatan tersebut berlangsung semarak dan penuh keakraban.

Giat tersebut dipimpin langsung oleh Koordinator Wilayah (Korwil) KSPN Sulut Tommy Sampelan.


Menurut Ketua Panitia Tommy Sampelan bahwa lokasi perayaan May Day 2024 agak berbeda dari tahun sebelumnya yang bertempat di gedung pemerintah.

"Kami memilih lokasi pasar tradisional sebagai acara puncak kegiatan karena disinilah kita melihat roda ekonomi kerakyatan berputar. Dan pasar Bersehati merupakan salah satu simbol kemajuan pembangunan di kota Manado sebagai pasar tradisonal yang di tata secara moderen dan ramah lingkungan, asri serta pemandangan pantai yang mempesona," jelas Sampelan.


Kegiatan diawali dengan penampilan paduan suara Vox Angelica Manado dilanjutkan tarian dari Wulan Waraney Minahasa mencerminkan unsur seni yang apik.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven O.E Kandouw didampingi dr. Devi Kartika Kandouw-Tanos MARS selaku Sekretaris TP PKK Sulut bersama Forkopimda Sulut, Sekprov Sulut dan Pejabat Tinggi Pratama Sulut, Kapolres Manado, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan serta undangan lainnya.

Dalam laporan panitia, Sampelan menjelaskan rangkaian kegiatan May Day sebelumnya tanggal 29 April telah dilaksanakan pasar murah bagi buruh dan masyarakat dan puncaknya 1 Mei dilakukan penanaman pohon di sekitar taman pasar, donor darah, pemeriksaan kesehatan, pembagian bahan pokok bagi buruh, doorprize dan hiburan.

"Kesempatan ini juga dimanfaatkan dengan mendengarkan penyampaian aspirasi perwakilan enam konfederasi Serikat Pekerja/Buruh di Sulut untuk menyuarakan aspirasi, keluhan dan tuntutan ke pemerintah berkaitan dengan aturan dan persolan ketenagakerjaan baik nasional maupun lokal," ujar Sampelan yang adalah Sekretaris BPMJ Kalvari Pineleng.

Diakhir laporan, Sampelan menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan semua pihak sehingga kegiatan May Day Sulut 2024 sudah berjalan dengan lancar dan meriah.

"Kita percaya dalam perkenan Tuhan Yang Maha Kuasa, di perayaan May Day 2025 akan kembali bersua dan bakudapa dengan Pak Steven Kandouw," ungkap Sampelan mantan Pengurus Cabang GMKI Manado

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sulut, Drs. Steven O.E Kandouw dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pekerja/buruh yang telah membangun sinergitas dan kemitraaan dengan pemerintah dan stake holder lainnya sehingga Sulut tetap aman, stabil dan kondusif.

Kandouw menambahkan adalah suatu keniscayaan Sulut akan menjadi daerah yang maju dalam pembangunan, ramah bagi investasi serta masyarakat buruh makmur dan sejahtera.

"Saya mengajak kepada kawan-kawan pekerja/buruh untuk berkolaborasi dan aktif dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis serta membangun kualitas SDM yang kompeten, profesional dalam menghadapi tantangan pasar kerja yang semakin kompetitif," ungkap Kandouw dengan senyum khasnya.

Kandouw menambahkan sangat menghargai aspirasi yang disampaikan oleh SP/SB yang dinilai sangat deduktif, induktif dan deskriptif untuk kemajuan daerah ini.

"Luar biasa aspirasi yang disampaikan. Saya janji akan meneruskan tuntutan ini ke Gubernur Bapak Olly Dondokambey serta melakukan pembahasan secara intens dengan Forkopimda. Ini harus dicari solusi yang cepat. Saya minta pengawasan harus berlangsung ketat dan kontinyu. Segera monitoring ke perusahaan yang tidak menerapkan UMP bagi buruh maupun tidak mengikuti aturan ketenagakerjaan seperti BPJS serta kasus lainnya. Lakukan door to door dan jangan ada oknum ASN yang main-main," tegas Kandouw yang disambut pekikan hidup buruh

Diakhir sambutan, Kandouw memuji solidaritas buruh di Sulawesi Utara dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Sulut kepada Pemerintah Provinsi Sulut.

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rayakan Hari Buruh, Tommy sampelan Cs Semarakan Bersama Ribuan Warga, Steven Kandouw : Hidup Buruh

Terkini

Iklan