Iklan

Iklan

Bolsel Kabupaten Percontohan Penanggulangan Kemiskinan, KAAWOAN Cs Turun Lapangan

Redaksi Satu
March 28, 2021, 09:19 WIB Last Updated 2021-03-28T01:19:45Z



MANADO - Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulut menjadi pilot project Kementrian Desa untuk penanganan dan penanggulangan kemiskinan.

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Kunker Komisi I DPRD Sulut ini didampingi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulut, Mutu Mokoginta.

Kunker dilakukan guna koordinasi realisasi tahun 2020 dari Kementerian Desa yang menganggarkan dana sebesar Rp 70 miliar yang dibagi ke-81 desa yang ada di Bolsel.

Personel Komisi I, Herol Kaaowan menuturkan, kunker Komisi I DPRD Sulut, guna mengawal dana desa (Dandes).

"Kementerian Desa meminta Bolsel menjadi pilot project dalam penanggulangan kemiskinan," tutur politisi Partai Gerindra ini, Sabtu (27/3).

Menurutnya, salah satu strategi penanggulangan kemiskinan adalah mendorong kelompok masyarakat desa membuat bandan usaha millik desa (Bumdes).

"Hasil pemantauan langsung Komisi I DPRD Sulut, pada umumnya realisasi Dandes di Bolsel sudah berjalan dengan baik. Kami juga mendorong untuk membuat Bumdes," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Kaawoan, dengan adanya Bumdes akan memberi pendapatan untuk masyarakat.

"Bumdes dapat memberikan income untuk desa dan membantu pemerintah mencapai target bebas dari kemiskinan, sehingga ada keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.(Obe)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bolsel Kabupaten Percontohan Penanggulangan Kemiskinan, KAAWOAN Cs Turun Lapangan

Terkini

Iklan