Iklan

Disdik Minut Sosialisasi Program Kesiapan Bersekolah

Redaksi Satu
September 26, 2021, 08:45 WIB Last Updated 2021-09-26T00:45:47Z

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Untuk itu, masa transisi dari PAUD ke SD harus dipersiapkan dengan baik.


Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa Utara, Olfy Kalengkongan, M.M.Pd, Rabu (22/09/2021) saat Pembukaan Sosialisasi Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Bagi Satuan PAUD di Aula SD Negeri 1 Airmadidi.


Olfy Kalengkongan, M.M.Pd mengatakan, pendidikan anak usia dini akan berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya pada jenjang lebih lanjut. Untuk itu, perlu ada komitmen bersama untuk menjamin penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.


Selain itu, juga satu langkah dan upaya agar kebutuhan esensial anak untuk menapaki jenjang selanjutnya yaitu kesiapan fisik motorik, sosial-emosional dan Linterasi serta numeasi anak dapat berkembang secara optimal agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.  Untuk itu maka diperlukan transisi yang baik dari PAUD ke SD. 


Sementari itu Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdik Minut Jansen Katuuk, S,Teol menyampaikan bahwa,“Kegiatan hari ini merupakan kegiatan lanjutan setelah Penetapan Pengurus Forum Komunikasi PAUD – SD Kabupaten Minahasa Utara oleh Kadis Disdik Olfy Kalengkongan per tanggal 1 September 2021”. 


Adapun tugas dan tanggung jawab forum ini antara lain menjadi wadah. Juga sarana menyamakan persepsi, komunikasi, dan koordinasi. Ini juga meningkatkan peran dalam upaya memberikan layanan yang optimal, akan tahapan kesiapan bersekolah anak usia dini,” bebernya.


Komposisi Pengurus Inti Forum Komunikasi PAUD-SD Minahasa Utara :

Ketua : Patrycia A. Sumarauw, S.Pd, MM

Wakil Ketua 1 : Marsye Keleyan, S.Pd

Wakil Ketua II : Simon M. Adare, S.Pd, M.Ed

Sekretaris : Petrus Punusingon, SE

Bendahara : Yunike Paulus, S.Pd

Serta Koordinator Bidang-bidang


“Jadi dengan adanya forum SD dan PAUD ini harapannya dapat menyamakan persepsi terkait dengan bagaimana kesiapan anak dengan pembelajaran yang tertata dan mereka siap untuk memasuki jenjang berikutnya ,” sebutnya.


Ketua Forum Komunikasi PAUD – SD Patrycia A. Sumarauw, S.Pd, MM menyampaikan Sosialisasi Implementasi Progran Kesiapan Bersekolah ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 23 hingga 23 September 2021 di Aula SD Negeri 1 Airmadidi. Hari Pertama di Ikuti 39 Kepala Sekolah SD dan Hari kedua oleh 39 Kepala Sekolah TK dan Kelompok Bermain. 


Dijelaskan dia, bimtek bertujuan menyamakan persepsi antara orang tua dan pendidik, serta antara satuan PAUD dengan SD dalam upaya menyiapkan anak, memiliki kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya di SD..


Pembicara utama kegiatan ini adalah 

1. Patrycia A. Sumarauw, S.Pd, MM, Sekretaris Pengawas Disdik Minut dengan Materi Program Implementasi Kesiapan Bersekolah.

2. Simmon M. Adare, S.Pd, M.Ed, Pengelola KB Immanuel Bulo dengan Materi Toolkit Kesiapan Anak.

3. Ketlin Ramba, M.Pd, Pengawas Disdik Minut juga adalah Pengurus Bidang Pendidikan dan Pelatihan Forum dengan Materi Toolkit Kesiapan Keluarga.

4. Yunike Paulus, S.Pd, Kepala SD Satap Karegesang, dengan Materi Toolkit Kesiapan Sekolah

.5. Petrus Punusingon, SE, Pemimpin Sevenbafs School, dengan Materi Toolkit Transisi PAUD - SD.

.Kepala Seksi PAUD Femmy Kureba, S.Pd  juga menyampaikan bahwa : "Kami berharap peserta dapat mengikuti, menyimak dengan sebaik baiknya, agar dapat memberi pemahaman kepada pemangku kepentingan lainnya," katanya.(Petrus)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disdik Minut Sosialisasi Program Kesiapan Bersekolah

Terkini

Iklan