Iklan

DPRD Sulut Gelar Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2022 serta Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2023

Redaksi Satu
January 06, 2023, 19:13 WIB Last Updated 2023-01-17T00:19:35Z


SULUT - DPRD Sulut lewat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Fransiskus Andi Silangen SpB.KBD mengapresiasi komitmen kerja keras pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven OE Kandow, sepanjang tahun 2022 ucap Silangen saat membuka sidang paripurna memasuki tahun 2023 tentang Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses III Masa Persidangan Pertama Tahun 2022 sekaligus Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2022 serta Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2023 di ruang rapat paripurna DPRD Sulut Jumat, (6/1/2023).





"Komitmen serta kerja yang tulus ODSK dalam mensejahterahkan masyarakat menjadi momentum penting, perhatian khusus sehingga mampu menorehkan berbagai catatan emas dengan berbagai penghargaan dan prestasi yang diterima Provinsi Sulawesi Utara," ujar Silangen.





Di tahun 2022 kata Silangen, setidaknya ada 20 penghargaan dan prestasi boleh dihadirkan oleh ODSK.





"Prestasi Gubernur dan Wagub ODSK ini selayaknya kita apresiasi setinggi – tingginya atas sejumlah penghargaan diantaranya Paritrana Award 2022 dengan predikat the best dalam hal perlindungan tenaga kerja di daerah dengan jaminan sosial, sehingga dijadikan roll model bagi daerah lain," sebut yang akrab disapa FAS.





Lanjut Ketua Dewan, hal ini dibuktikan melalui laporan perkembangan di sektor perekonomian Sulut, ODSK telah menerima penghargaan Primaniyarta dari Presiden Jokowi yang dinilainya mampu meningkatkan perekonomian di Sulawesi Utara khususnya eksport di bidang perikanan dan pertanian sehingga bisa meningkatkan nilai tukar petani yang diikuti dengan gerakan “Marijo Bakobong” yang diinisiasi oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandow.





Pun, upaya pemerintah daerah menekan inflasi serta pemulihan ekonomi pun menunjukan progress yang baik, tumbuh pada angka 6,62 persen di triwulan III tahun 2022.





Sementara terkait Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM), Sulawesi Utara terus mengalami kenaikan sehingga pada tahun 2022 mengalami peningkatan di angka 73, 81persen.





"Kita tentu berharap prestasi yang diraih pemerintah daerah dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun 2023 yang memiliki tantangan seperti ancaman resesi ekonomi atas dampak krisis global," kata Silangen.





Sementara dalam sambutan tertulis Gubernur Olly Dondokambey yang dibacakan Sekprov Steve Kepel mengatakan, Pemerintah Daerah salut atas sinergitas pimpinan dan segenap anggota DPRD yang senantiasa konsisten menunjukan eksistensi pemenuhan tugas, peran dan tanggung jawabnya dalam menjadi komponen pembangunan bangsa di bumi nyiur melambai.

Gubernur pun mengapresiasi para wakil rakyat Sulut yang mampu menjaga koordinasi dengan segenap komponen di daerah ini.

Gubernur Olly Dondokambey berharap, hasil pembangunan tahun 2022 akan menjadi acuan bagi DPRD bersama pemerintah daerah dalam menyusun langkah strategis rencana kerja dan arah kebijakan kedepan sehingga seluruh aspirasi masyarakat dapat terakomodasi dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

"Meski harus diakui tidak semua keinginan dan kebutuhan masyarakat dapat diakomodir oleh Pemerintah Daerah dan DPRD karena adanya keterbatasan anggaran," ungkap Sekprov.

Gubernur Olly menekankan patut diapresiasi melalui perencanaan kedepan dalam penyusunan skala prioritas dengan mempertimbangkan aspek disparitas kebutuhan dan kemampuan serta kapasitas pemerintah daerah. 




Diketahui, turut hadir di rapat paripurna tersebut Pimpinan Dewan lainnya yaitu, James Kojongian, Victor Mailangkay, Billy Lombok juga sejumlah anggota lain dan Sekretaris DPRD Sulut, Sandra Moniaga dan jajarannya juga para undangan.(***)

Baca Juga

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPRD Sulut Gelar Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2022 serta Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2023

Terkini

Iklan